Gubernur Sumbar: Anak Adalah Peniru yang Ulung

"Anak adalah peniru yang ulung, oleh karena itu, pembiasaan melakukan hal kecil sejak dini akan berdampak kepada anak"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno satu kegiatan bedah buku di Bukittinggi (Ist)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan Bedah Buku Cara Mendidik dan Membesar Anak Berkarakter, seri psikologi anak. Buku itu ditulis sendiri oleh Gubernur.

Bedah buku dilaksanakan pada Jumat, 14 Desember 2018, di gedung Istana Bung Hatta Bukittinggi. Buku yang memiliki 160 halaman itu lebih menekankan peran orangtua dalam mendidik anak sejak usia dini.

"Apa yang dilakukan orangtua itulah yang dicontoh anak. Sifat mereka meniru, maka berikan contoh yang baik sehingga terbentuk kepribadian dan karakter yang baik pula pada sang anak," kata Irwan Prayitno memulai sambutan dihadapan ratusan peserta bedah buku.

Irwan mengatakan dalam membentuk karakter anak, konsistensi orangtua sangat penting. Sebab orangtua sebagai model harus memperlihatkan tingkah laku yang baik secara teratur menerus. Sebagai contoh diberikan gubernur saat mengajarkan salat kepada anak, harus mengajak anak ke Masjid dan memperlihatkan cara berwhudu, cara masuk Masjid dan cara salat.

"Semakin dini Anda menanaman hal ini pada seorang anak maka akan semakin kuat iman mereka, terutama ketika mereka sudah mengalami pubertas nantinya," terang gubernur yang biasa disapa IP itu.

Selanjutnya, orangtua jangan sampai melakukan hal yang fatal seperti berbohong walau sekecil apapun bentuk berbohong itu.

Menurut IP, setiap orangtua berhak mendapatkan anak yang pintar, berperilaku baik, sopan dan cerdas. Namun harus punya banyak waktu dalam membentuk karakter anak

"Anak adalah peniru yang ulung, oleh karena itu, pembiasaan melakukan hal kecil sejak dini akan berdampak kepada anak dalam kurun waktu yang lama hingga ia beranjak remaja," kata Irwan Prayitno.

Terakhir disampaikannya, pembentukan karakter tidak hanya dilakukan orangtua saja namun juga dilakukan di sekolah lingkungan anak belajar. Untuk itu guru juga harus menanamkan nilai-nilai yang baik kepada anak di sekolah.

"Ajarkan mereka ... Baca halaman selanjutnya