Kenali Penyakit Meningitis pada Anak dengan Cara Ini

"Meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus namun bisa juga oleh jamur atau bakteri"
ilustrasi meningitis (net)

KLIKPOSITIF -- Meningitis merupakan radang selaput otak. Kondisi ini memengaruhi selaput halus yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus namun bisa juga oleh jamur atau bakteri.

Penyakit ini diketahui sebagai salah satu penyakit yang berbahaya yang kerap menyerang bayi serta anak-anak. Untuk mencegah penyakit ini biasanya diberikan vaksin. Beberapa gejala yang perlu kamu tahu jika si kecil terkena meningitis adalah sakit kepala parah, demam, sakit perut dan mual.

Namun, terkadang si kecil juga bisa mengalami ruam, kaki yang sulit menekuk, muntah, penglihatan menjadi kabur serta kekakuan otot oksipital. Satu tanda di atas adalah ruam.

Lalu bagaimana kamu bisa membedakan ruam meningitis dan ruam pada penyakit lainnya? Kamu cukup menyiapkan satu gelas kaca. Kemudian tekan gelas kaca itu dengan kuat pada daerah ruam atau bintik merah.

Jika yang kamu temukan ruam berubah pucat sesuai dengan warna kulit, maka kamu tidak perlu khawatir. Itu berarti buah hati hanya mengalami ruam biasa, atau tidak mengalami meningitis. Akan tetapi jika ruam tidak memudar, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis lebih lanjut. (*)

sumber: HiMedik