Mengocok Air Panas untuk Bersihkan Botol Minum, Amankah?

"Menggunakan air panas untuk mencuci botol minum ternyata belum efektif untuk membunuh bakteri didalamnya"
ilustrasi membersihkan botol minum (net)

KLIKPOSITIF -- Membawa botol minum atau tumbler kini tampaknya sudah menjadi kebiasaan masyarakat, khususnya di kota-kota besar. Selain lebih hemat, masyarakat juga semakin sadar untuk menjaga lingkungan agar tidak menambah sampah botol plastik air kemasan.

Namun pernahkah Anda berpikir, bersihkah botol atau tumbler yang di pakai sehari-hari jika hanya dicuci atau hanya dengan kocok air panas?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Universitas Wisconsin, Amerika Serikat membandingkan kadar kuman pada botol yang dibawa mahasiswa dengan yang ada di dudukan toilet. Ternyata, jumlah bakteri di botol lebih banyak daripada yang ada di toilet seat.

Untuk itu disampaikan dr. Yulia Rosa Saharman, Sp.MK, spesialis mikrobiologi klinik dari FK UI, Jakarta, mencuci botol minum tidak bisa sembarangan. Menggunakan air panas untuk mencuci botol minum ternyata belum efektif untuk membunuh bakteri didalamnya.

"Ternyata tidak seperti itu. Mencuci botol tetap harus menggunakan spons. Terutama di tempat-tempat yang sulit dijangkau, seperti dasar botol," ujar dr Yulia dilansir dari suara.com, jaringan Klikpositif.

Untuk menjangkau dasar botol hingga ke sudutnya, biasanya menggunakan sikat. Namun ternyata, ini pun menimbulkan masalah lain yakni sikat botol biasa selain bisa menggores permukaan botol juga tidak memiliki daya gosok.

"Permukaan yang tergores bisa menjadi tempat persembunyian bakteri dan kotoran, sehingga bakteri lebih mudah berkembang biak," tambah dia.

Untuk itu. dr Yulia mengimbau agar masyarakat menggunakan spons bertekstur lembut yang tidak menggores permukaan botol. Selain sabun cuci piring, Yulia juga menyinggung penggunaan bahan lain yang bisa digunakan untuk mencuci botol minum yakni baking soda dan cuka.

"Baking soda itu seperti formula antiseptik atau anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk mencuci. Cuka juga bersifat asam," tambah dia.

Untuk menggunakan kedua ... Baca halaman selanjutnya