Lima Makanan Berikut Dipercaya Bisa Tingkatkan Sistem Imun

"Sel, jaringan, organ dan molekul yang kompleks dari sistem kekebalan melindungi kita dari benda asing yang berbahaya"
ilustrasi elderberry (net)

KLIKPOSITIF -- Sistem kekebalan tubuh memainkan peran besar dalam hal kesehatan. Sel, jaringan, organ dan molekul yang kompleks dari sistem kekebalan melindungi kita dari benda asing yang berbahaya, seperti virus, bakteri, sel kanker, bahan kimia beracun dan banyak lagi.

Melalui proses yang disebut respon imun, sistem ini menyerang organisme dan zat yang menyerang ketika mereka memasuki tubuh yang berpotensi menimbulkan penyakit. Melihat begitu pentingnya sistem tersebut, berikut makanan yang meningkatkan sistem imun.

1. Acai Berry
Warna gelapnya berasal dari anthocyanin. Meski belum ada penelitian yang menunjukkan acai berry dapat meningkatkan kesehatan tertentu, tapi secara umum, antioksidan dari buah ini adalah bagian penting dari gaya hidup sehat.

2. Jamur kancing
Jamur kancing mengandung selenium, riboflavin, dan niacin. Pasalnya kekurangan selenium dapat meningkatkan risiko flu. Sedangkan riboflavin dan niacin memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Elderberry
Elderberry mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan peradangan. Dalam beberapa penelitian, ekstrak dari buah ini dapat menghalau virus flu. Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan mengenai hal tersebut.

4. Tiram
Kandungan zinc di dalamnya membantu melawan virus. Itu karena zinc membantu menghasilkan dan mengaktifkan sel-sel darah putih yang berhubungan dengan sistem imun. Serta membantu sistem kekebalan untuk mempercepat penyembuhan luka.

5. Semangka
Tak hanya menyegarkan, semangka yang sudah matang memiliki banyak antioksidan yang disebut glutathione. Fungsinya memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi virus atau bakteri berbahaya. Makanlah daging semangka hingga dekat kulitnya untuk mendapatkan glutathione dengan kadar tinggi.

Itulah makanan yang ... Baca halaman selanjutnya