Sering Dilakukan, Ternyata Cara Konsumsi Makanan Ini Salah

"Ini membuat nutrisi dalam makanan tersebut tidak dapat diserap oleh tubuh"
ilustrasi bawang putih (net)

KLIKPOSITIF -- Pernahkah kamu makan apel tanpa mengupas kulitnya? Jika iya, maka kamu sebaiknya harus mengubah kebiasaanmu. Makanan-makanan yang sehat sering dikonsumsi dengan cara yang salah. Ini membuat nutrisi dalam makanan tersebut tidak dapat diserap oleh tubuh.

Berikut beberapa kesalahan yang sering kamu lakukan ketika mengonsumsi makanan sehat:
1. Bawang putih
Sangat disarankan untuk tidak secara langsung memasukkan bawang yang sudah dicincang ke dalam wajan. Sebaiknya kamu menunggu sekitar 5 hingga 10 menit. Bawang bisa menurunkan risiko kanker paru-paru dan mencegah penyakit jantung karena adanya kandungan alisin. Ini akan didapat oleh tubuh jika kamu mendiamkan selama beberapa menit.

2. Pisang
Menurut pakar kesehatan dan kebugaran Dr. Daryl Gioffre, jangan pernah mengonsumsi pisang secara polos. Misalnya kamu bisa mengonsumsi pisang bersama mentega almond. Hal ini berfungsi untuk membantu metabolisme kandungan gula pada pisang.

3. Apel
Mungkin kamu selama ini masih sering mengonsumsi apel tanpa kulit. Ini justru salah karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu kulit apel juga bisa mengurangi peradangan.

4. Kacang
Ketika kamu mengonsumsi kacang, alangkah baiknya jika merendamnya terlebih dahulu dan mengeringkannya sebelum dikonsumsi. Jangan mengonsumsi kacang mentah karena mengandung lektin dan asam fitat yang bisa membuat usus iritasi.

5. Bayam
Kombinasikan bayam dengan buah-buahan seperti jeruk jika kamu tidak ingin memasaknya. Bayam harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar kandungannya terserap dalam tubuh.

Itu tadi beberapa makanan sehat yang masih sering salah ketika dikonsumsi. (*)

sumber: HiMedik