Cara Simpel Membuat Seseorang Berhenti Berbohong, Silahkan Coba!

"kontak mata langsung, bahkan mungkin satu-satunya cara untuk mendapatkan kebenaran dari seseorang yang memiliki puluhan kebohongan di kepala mereka."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Pernah berpikir bahwa orang terdekatmu sedang berbohong padamu? Tidak perlu pusing, ada cara simpel untuk membuat seseorang lebih jujur dan berhenti berbohong.

Dilansir dari Elite Daily, menurut penelitian baru, kontak mata langsung, bahkan mungkin satu-satunya cara untuk mendapatkan kebenaran dari seseorang yang memiliki puluhan kebohongan di kepala mereka.

Begitu mata kita bertemu dengan mata mereka, mereka tidak akan punya pilihan lain selain mengatakan yang sebenarnya.

Menurut siaran pers Universitas Tampere pada penelitian ini, tim psikolog dari sekolah mengungkapkan bagaimana kita bisa mendapatkan kebenaran dari seseorang yang berbohong. Hal itu didapatkan dengan menciptakan eksperimen interaktif di mana para peserta saling berhadapan satu sama lain dalam permainan komputer.

Sesuai siaran pers, lawan bisa melihat satu sama lain melalui jendela kaca pintar. Ketika mereka bermain, para peneliti mencatat bagaimana setiap lawan menggerakkan mata mereka ke atas atau ke bawah selama pertandingan.


Menurut hasil penelitian, kontak mata langsung dari lawan sudah cukup untuk mengurangi kebohongan sepanjang pertandingan.


Menurut Susan Winter, seorang penulis dan pakar hubungan, gestur mikro ini dapat memunculkan ketidaknyamanan dan kegelisahan bagi orang yang berbohong.

''Orang yang kemudian sadar diri, tidak aman, atau tidak jujur akan merasa tidak nyaman saat melakukan kontak mata langsung,'' tambahnya.

Namun agar situasi tidak tambah runyam dan awkward, Winter menyarankan jangan hanya menatapnya dalam-dalam dan langsung menuduhnya berbohong. Ia mengatakan yang terbaik adalah menjaga bicara tetap datar dan tenang.

''Jelaskan kepada mereka bahwa kamu mungkin tidak menyukai apa yang mereka katakan, tetapi apa pun yang mereka katakan lebih baik daripada kebohongan. Kemudian, dukung pernyataan itu dengan ... Baca halaman selanjutnya