Bunda Yuk Kenali Ekspresi Bayi dan Cara Menanggapinya

"Orangtua akan lebih mudah mengetahui saat bayi mereka lapar, senang, marah, sakit, ingin bermain atau sekadar ingin dipeluk. Yuk, pahami bahasanya!"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Menurut Vivien Sabel, psikoterapis dan pakar bahasa tubuh dari Inggris, setiap ekspresi dan gerakan bayi dapat ditafsirkan. Orangtua akan lebih mudah mengetahui saat bayi mereka lapar, senang, marah, sakit, ingin bermain atau sekadar ingin dipeluk. Yuk, pahami bahasanya!

Dilansir dari Ayahbunda.co.id berikut 10 ekspresi bayi yang perlu dipahami orang tua.

1. Mengucek mata

Ketika bayi mengusap bagian wajah atau mata, artinya dia sedang ngantuk. Apalagi jika usapan dilakukan menjelang atau bertepatan dengan jam tidurnya. Artinya ia sedang ngantuk berat. Jika bayi diajak bercanda, maka ia justru merengek dan menangis, pertanda bayi Anda kelelahan.

Tanggapi dengan….

Cek kondisi bayi lebih dulu, jika usapan tidak terjadi di jam tidur bayi serta diiringi dengan senyuman. Sebab bisa jadi ia sedang ingin bermain. Namun, bila dilakukan bertepatan dengan jam tidur, sebaiknya Anda berhenti mengajaknya bermain atau beraktivitas. Segera gendong atau nyanyikan lagu pengiring tidur sambil mengayunkannya pelan.

2. Menggaruk telinga

Saat bayi menggaruk telinganya itu pertanda dia sedang merasa tidak nyaman. Berbagai hal bisa menjadi stimulus rasa tidak nyamannya muncul, misalnya rasa nyeri atau sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu, suasana ruang yang terlalu berisik atau panas, popoknya yang sudah penuh atau diganggu dengan binatang (misalnya semut, nyamuk atau serangga lain).
Kondisi lain seperti gangguan atau infeksi bakteri/virus yang terjadi di dalam telinga atau organ tubuh lainnya juga bisa membuat anak tidak nyaman. Hal ini memang tidak bisa terlihat oleh mata telanjang.

Tanggapi dengan….

Ikuti insting Anda untuk menentukan apa yang yang membuatnya tak yaman. Cek suhu ruangan yang mungkin terlalu panas atau terlalu dingin. Begitu pula ketika ruangan terlalu berisik, pindahkan bayi ke tempat yang lebih tenang. Bila hal tersebut sudah dilakukan, ... Baca halaman selanjutnya