Bunda, Hindari Hal Ini Selama Hamil

"makanan tidak menyebabkan terjadinya keguguran"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Bunda, hamil menjadi nikmat tersendiri bagi perempuan. Bayi dalam kandungan tentunya harus dijaga dengan baik gar selalu sehat. Namun, bagi Ibu hamil ada hal-hal yang harus diperhatikan. Ada pantangan yang sebaiknya dihindari selama hamil. Apa saja itu? Dilansir dari laman mymetro, berikut hal yang sebaiknya ANda hindari selama hamil.

Untuk ibu hamil mempunyai pantangan tertentu dalam makanan seperti nanas, kopi, rebung, durian, isi kelapa tua, air tebu, dan makanan yang gatal. Banyak orang mengatakan dapat terjadi keguguran kandungan atau ari melekat pada pangkal rahim. Hakikatnya, makanan tidak menyebabkan terjadinya keguguran. Keguguran disebabkan ketidaksempurnaan janin atau hormon ibu bermasalah atau kandungan berlaku di luar rahim.

Justru, wanita hamil boleh memakan makanan hal itu karena tiada cukup bukti mengatakan hal itu berbahaya. Dari perspektif Pandangan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari ketika hamil kerana dapat menyebabkan seperti salmonella, toksoplasmosis, listeria atau E Coli yang membahayakan bayi dalam kandungan.

Hindari daging mentah dan sushi, sashimi, tiram mentah, kerang atau makanan yang dimasak kurang matang, karena mengandung toksoplasmosis, parasit yang menyebabkan jangkitan serius pada janin. Selain itu, daging panggang juga harus dihindari. Disisi lain, cuci piring dan alat masak yang terkena daging mentah dengan bersih untuk menjauhi resiko yang tidak diinginkan.

Keju seperti brie dan camembert, blueveined, keju daripada susu kambing yang tidak dipasteur mengandungi listeria. Listeria adalah bakteria yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan kerusakan janin. Listeria berisiko menyebabkan keguguran, kelahiran pramatur, dan keracunan dalam darah. Minuman manis, air berkarbonat dan makanan tinggi kandungan gula juga tidak dianjurkan diminum secara berlebihan sewaktu hamil karena mengkibatkan diabetes.