Studi: 250 Orang Meninggal Gara-gara Selfie

"Penyebabnya pun bermacam-macam, umumnya akibat dilakukan di tempat berbahaya seperti gedung tinggi."
Ilustrasi selfie (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Siapa yang tak pernah melakukan swafoto alias selfie? Ya, tentu semua orang pernah melakukannya. Selain karena menyenangkan, selfie juga sebagai wujud ekspresi diri ketika berada di tempat-tempat indah atau jarang dikunjungi. 

Namun dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Family of Medicine and Primary Care, ilmuwan menemukan 250 orang tewas akibat selfie. Penyebabnya pun bermacam-macam, umumnya akibat dilakukan di tempat berbahaya seperti gedung tinggi.

Seperti dilansir dari CNN, studi ini dilakukan oleh sekelompok ilmuwan yang tergabung dalam perguruan tinggi medis New Delhi. Mereka meneliti data kematianselfie yang terjadi dari Oktober 2011 hingga November 2017.

Data yang ditemukan mengungkap telah terjadi kasus kematian pada sekitar 250 orang di seluruh dunia akibat selfie. Mereka menemukan bahwa sebagian besar kematian akibat selfie terjadi di India. Peringkat dua hingga empat ditempati oleh Rusia, Amerika Serikat, dan Pakistan.

Sebagian besar korban adalah laki-laki (sekitar 72 persen) dengan usia di bawah 30 tahun. India menyumbang kematian akibat selfie lebih dari 50 persen, yaitu 159 kematian sejak tahun 2011.

Telah menjadi rahasia umum, jika wanita lebih banyak selfie daripada pria. Akan tetapi, peneliti menemukan bahwa pria cenderung mengambil risiko dalam melakukan selfie dibandingkan dengan perempuan.


Tenggelam adalah penyebab utama dalam kematian akibat selfie. Biasanya korban hanyut oleh ombak di pantai atau jatuh dari perahu.

Penyebab utama kedua adalah karena selfie di dekat alat transportasi. Kematian ketiga, disebabkan karena kebakaran dan jatuh dari tempat tinggi. Sedangkan data lain menunjukkan bahwa delapan orang tewas saat foto selfie dengan binatang yang berbahaya.

Sementara itu, di Amerika mempunyai kasus unik mengenai ... Baca halaman selanjutnya