Anda Akan Merasa Lebih Baik Setelah Konsumsi Petai, Ini Penjelasannya

"Hal ini bisa terjadi karena petai mengandung triptofan yang diubah tubuh menjadi serotonin. "
Petai (Net)

KLIKPOSITIF -- Bagi sebagian orang, petai merupakan makanan yang paling dihindari. Selain karena menimbulkan bau yang tak sedap, rasanya pun kurang menggugah selera. 

Namun, bagi kamu yang doyan petai maka bersyukurlah.  Lantaran petai memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, salah satunya dapat memperbaiki suasana hati.

Seperti dilansir dari laman Times, petai dapat menekan risiko terjadinya seasonal affective disorder (SAD). SAD merupakan gejala mood atau suasana hati yang bisa menyebabkan penderitanya depresi. 

Manfaat ini juga didukung oleh studi yang dilakukan MIND (Asosiasi Nasional untuk Kesehatan Mental Inggris) terhadap pengidap depresi. Terbukti, mereka merasa lebih baik setelah mengonsumsi petai. 

Hal ini bisa terjadi karena petai mengandung triptofan yang diubah tubuh menjadi serotonin. Asam amino ini menyebabkan tubuh lebih rileks, nyaman, dan mood membaik.

Selain itu, sayuran yang bernama latin parkia speciosamengandung protein yang empat kali lebih banyak daripada apel. Kandungan lainnya adalah karbohidrat, fosfor, vitamin A, zat besi, dan potassium. Inilah yang menyebabkan petai bisa menjadi kestabilan tekanan darah dan menurunkan risiko stres.


Dengan memiliki berbagai macam nutrisi tersebut, petai memang sangat baik dikonsumsi saat hati sedang kalut. Namun agar tetap aman, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Sumber: himedik.com