Hasil Studi: Mewarnai Ternyata Bisa Menghilangkan Stress

"Mewarnai gambar ketika sedang stres dapat membatu otak rileks, mengalihkan fokus pikiran, serta menjadi sarana hiburan"
ilustrasi mewarnai (net)

KLIKPOSITIF -- Sebenarnya stres merupakan hal wajar yang sering kita alami ketika mendapat tekanan entah dari pekerjaan atau hal lain yang membebani pikiran. Hanya saja penanganan dan cara menyikapi stres masing-masing individu berbeda. Ada yang dibuat jalan-jalan sudah fresh kembali, tapi ada yang tak kunjung reda hingga membuatnya depresi.

Besar kemungkinan faktor usia dan kesiapan mental yang menjadi pembeda cara masing-masing individu menyikapi stres yang dialami. Terlepas dari hal itu, setiap orang pasti mempunyai titik krisisnya masing-masing dan kita tidak boleh menghakimi atau membandingkan masalah yang membuatnya stres dengan masalah orang lain.

Nah, kamu yang sedang dalam keadaan stres, cobalah redakan dengan mewarnai gambar. Hal ini karena buku mewarnai merupakan bagian terapi seni yang digunakan untuk mengatasi gangguan psikologi dan mental. Sedangkan pada kasus yang lebih serius, terapi seni ini dikombinasikan dengan beberapa teknik psikoterapi, seperti terapi kognitif perilaku atau terapi kelompok.

Mewarnai gambar ketika sedang stres dapat membatu otak rileks, mengalihkan fokus pikiran, serta menjadi sarana hiburan. Akibatnya suasana hati akan membaik dan stres berkurang.

Meski demikian, sarana terapi dengan mewarnai gambar ini tidak memiliki efek yang sama pada setiap individu. Maka dari itu, jika dirasa stres yang dialami sudah tidak bisa kamu tangani sendiri, ada baiknya berkonsultasi dengan psikolog. Semoga membantu. (*)

sumber: HiMedik