Penyuka Kopi Hitam Bisa Jadi Psikopat, Benarkah?

"Kafein pada kopi disebut dapat menstimulasi sistem saraf otak untuk lebih waspada dan cenderung sadis pada situasi tertentu"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Kopi telah menjadi minuman paling universal. Demam kopi melanda semua kalangan, baik tua maupun muda. Namun sebuah studi menyebutkan menyukai jenis kopi tertentu bisa menjadi indikasi seseorang memiliki sifat psikopat dalam dirinya.

Studi yang digelar University of Innsbruck di Austria menyebutkan orang-orang yang menyukai kopi hitam lebih cenderung memiliki sifat psikopat dan sadis sebagaiamana dikutip dari Times of India. Peneliti melakukan studi dengan mensurvei 1.000 orang dewasa tentang preferensi kopi yang mereka sukai. Selain itu peneliti juga melakukan tes kepribadian berdasarkan indikator kepribadian machiavellian seperti sadisme, agresi dan psikopati.

Para peneliti menemukan hubungan yang kuat antara preferensi untuk kopi hitam murni dengan kecenderungan kepribadian psikopat. Studi ini juga menemukan bahwa orang-orang yang cenderung menyukai varian kopi yang lebih ringan seperti mengandung susu atau bergula memiliki sifat-sifat kepribadian yang menyenangkan seperti ramah dan simpati.

Penelitian itu menunjukkan kecenderungan sifat psikopat pada penyuka kopi hitam bisa menjadi kronis seiring waktu. Meski demikian mereka belum dapat mengungkap penyebab pasti hubungan antara kopi hitam dan sifat psikopat.

Pasalnya kebanyakan orang yang memilih kopi hitam belakangan ini mulai sadar tentang kesehatan mereka dan kadang-kadang mereka melakukannya tanpa menyadarinya. Itu sebabnya menjadi sulit untuk mengungkap kaitan antara dua variabel tersebut.

Peneliti juga menyebutkan budaya dan pengalaman seseorang juga menentukan selera mereka terhadap kopi dan bisa berubah seiring waktu. Para peneliti pun mengharap studi lanjutan untuk mencari kaitan antara sifat psikopat pada peminum kopi hitam.

Namun mereka menduga bahwa kafein yang lebih tinggi dalam kopi hitam dibandingkan varian kopi campuran lain dapat menstimulasi sistem saraf otak untuk lebih waspada dan cenderung sadis pada situasi ... Baca halaman selanjutnya