Tak Bisa Berhenti Merokok? Ini Solusinya Tanpa Berobat

"hal ini merupakan harapan baru bagi perokok yang ingin berhenti merokok sehingga bisa terbebas dari kecanduan nikotin"
ilustrasi stop merokok (net)

KLIKPOSITIF -- Sejauh ini obat yang membuat berhenti merokok memang belum ditemukan. Namun kabar baiknya, para peneliti sedang mengembangkan senyawa yang diklaim mampu membuat seseorang berhenti kecanduan nikotin dan akhirnya berhenti merokok.

Padahal sudah diketahui bersama bahwa merokok merupakan gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan berbagai penyakit mematikan, mulai dari kanker hingga stroke. Meski begitu, nyatanya merokok masih saja dilakukan hingga sekarang.

Bagi yang ingin berhenti merokok namun terkendala putus obat, kini tak perlu khawatir. Pasalnya, ilmuwan bernama Olivier George dari Scripps Research Institute di La Jolla, California bersama rekan-rekannya mengaku berhasil menemukan senyawa yang mampu memecah nikotin di dalam darah.

Berkat temuan ini diharapkan bisa jadi batu loncatan untuk menyembuhkan kecanduan nikotin dan membuat obat berhenti merokok. "Pendekatan ini bisa jadi alternatif untuk mengurangi kecanduan nikotin tanpa harus mengalami gejala putus obat dan beragam masalah berhenti merokok lainnya," ujar George seperti dikutip dari Health24.

Studi ini dilakukan dengan meneliti seekor tikus yang mengalami kecanduan nikotin enzim bernama NicA2-J1. Enzim ini diproduksi oleh bakteri pseudomonas putida, yang dimodifikasi untuk bisa menghancurkan nikotin di dalam darah.

Hal ini membuat kadar nikotin yang sampai ke otak berkurang jauh, sehingga meminimalisir risiko munculnya gejala putus obat. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science Advances ini, George menyebut akan melakukan penelitian lanjutan ke manusia.

Tentu saja, hal ini merupakan harapan baru bagi perokok yang ingin berhenti merokok sehingga bisa terbebas dari kecanduan nikotin. "Karena bekerja di sistem peredaran marah, bukan otak, maka efek samping yang dihasilkan seharusnya kecil," tandasnya. (*)

sumber: HiMedik