Bermain Sudoku Ternyata Bisa Bikin Kurus

"Mengerjakan puzzle atau kuis dapat membakar 90 kilojoule kalori setiap jamnya"
ilustrasi sudoku (net)

KLIKPOSITIF -- Bermain game memang sangat menghibur saat kamu sudah lelah melakukan kegiatan seharian. Dalam sebuah penelitian terbaru, bermain game Sudoku ternyata dapat membuatmu cepat kurus.

Penelitian menakjubkan ini dilakukan oleh tim Forrester. Tim ini menjelaskan bahwa otak terbentuk dari jutaan sel syaraf yang disebut dengan neuron. Mengerjakan puzzle atau kuis dapat membakar 90 kilojoule kalori setiap jamnya

Hasil penelitian ini menemukan menghabiskan waktu untuk menyelesaikan puzzle yang susah seperti kuis atau teka-teki silang ternyata dapat membakal jumlah kilojoule kalori yang ditemukan dalam beberapa suapan biskuit. 

Jumlah kalori ini akan lebih banyak daripada yang bisa ditemukan di kue coklat pada umumnya yang mengandung 56 kilojoule kalori. Namun, hasil penelitian ini ternyata mendapat banyak perdebatan dari para peneliti lainnya. Beberapa bahkan meragukan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim Forrester ini.

Hal ini karena kerja otak biasanya akan lebih berat saat memainkan permainan seperti ini. Kerja otak yang berat ini memaksa otak untuk berpikir solutif sehingga akan membutuhkan lebih banyak glukosa dan kalori yang bisa saja dapat menambah berat badan.

Seorang ahli medis asal Australia membenarkan penjelasan tim Forrester. Menurutnya penjelasan tersebut sangat masuk akal, namun, menyelesaikan puzzle saja tidak dapat membantumu mengurangi berat badan.

Dia menyebut, manusia perlu melakukan diet dan mengontrol pola makan agar mempengaruhi pembentukan badan ideal. Jadi, hasil penelitian mengenai permainan Sudoku yang dapat membuatmu cepat kurus ini perlu dicerna baik-baik ya, percaya atau tidaknya, kembali lagi ke kamu. Coba dulu aja yuk! (*)

sumber: HiMedik