Bagaimana Jalani Hidup Sehat dengan Diabetes?

"Kadar gula darah tinggi sering terjadi dan menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh "
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi diabetes akan menjadi penyebab kematian ketujuh di tahun 2030. Diabetes merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif, menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Kadar gula darah tinggi sering terjadi dan menyebabkan kerusakan serius pada banyak sistem tubuh terutama pembuluh darah dan saraf. Nah, bagaimana cara agar tetap bersahabat dengan penyakit ini agar tetap berusia panjang? Dilansir dari laman Boldsky, berikut langkah yang bisa dilakukan

1. Pelajari tentang diabetes
Anda harus memahami apa itu diabetes dan memahami tubuh Anda dengan baik serta cara kerjanya. Ini akan membantu Anda mengelola diabetes dari hari ke hari. Bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana merawat diri sendiri dengan sebaik-baiknya.

2. Ketahuilah tentang diabetes Anda
Bicara kepada profesional perawatan kesehatan Anda tentang cara mengelola diabetes. Ini akan menurunkan kemungkinan terkena stroke, serangan jantung atau masalah diabetes lainnya. Dan biasakan untuk tes darah selama tiga bulan terakhir agar terlihat perbedaan dari pemeriksaan gula darah biasa.

3. Pelajari cara untuk tetap sehat dengan diabetes
Orang yang hidup dengan diabetes harus tahu langkah-langkah yang harus diambil untuk tetap sehat. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi diabetes, yakni hindari stres yang mampu meningkatkan kadar gula darah, jadi cobalah latihan pernapasan dalam, berjalan dan meditasi untuk menurunkan tingkat stres Anda.
Kemudian minum obat yang diresepkan untuk diabetes. Periksa kaki Anda setiap hari apabila melepuh, bintik-bintik merah, bengkak dan luka. Jika luka Anda tidak sembuh, konsultasikan dengan dokter. Jagalah agar mulut, gigi, dan gusi Anda sehat dengan menyikat gigi dan membersihkan gigi dua kali sehari. Berhentilah merokok dan lacak kadar gula darah ... Baca halaman selanjutnya