Selain Rasanya yang Lezat, Ternyata Ubi Ungu Memiliki Khasiat Ini pada Tubuh

"Penelitian pada studi itu mengungkapkan, ubi ungu mengandung senyawa bioaktif seperti anthocyanin dan asam fenolik yang dikaitkan dengan pencegahan kanker."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa makanan yang bewarna-warni terutama ubi ungu dan sayuran bewarna-warni lainnya dapat menurunkan resiko kanker usus besar dan penyakit radang usus.

Penelitian pada studi itu mengungkapkan, ubi ungu mengandung senyawa bioaktif seperti anthocyanin dan asam fenolik yang dikaitkan dengan pencegahan kanker.

Dilansir dari Boldsky, Periset studi tersebut berusaha memahami bagaimana senyawa ini bekerja pada tingkat molekuler bisa menjadi langkah awal untuk menemukan pengobatan kanker, sehingga diketahui ternyata ubi ungu bisa membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker usus besar.

Temuan yang dipublikasikan di Journal Of Nutritional Biochemistry juga menunjukkan bahwa, konsumsi makanan yang mengandung macronutrients dapat membantu mengurangi resiko kanker usus besar yang dibutuhkan manusia dalam jumlah besar. Ubi ungu memiliki konsentrasi senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang jauh lebih besar sehingga bermanfaat untuk mengobati kanker usus besar.

Temuan ini menunjukkan bahwa kebiasaan hidup sehat dengan konsumsi makanan nabati cenderung menurunkan terjadinya kanker usus besar yang lebih rendah, daripada membatasi kebiasaan mengonsumsi daging.

Oleh karena itu, para peneliti juga menyarankan, daripada menggunakan pil, mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan senyawa anti-inflamasi akan membantu dalam melawan dari meningkatnya masalah penyakit kronis tersebut.