Kerap Dimakan Mentah, Tiga Sayuran Ini Justru Menyehatkan Jika Dimasak

"beberapa orang juga lebih suka menyantap sayuran mentah karena teksturnya yang lebih renyah dan terasa lebih nikmat"
ilustrasi wortel (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Untuk menjaga nutrisinya, terkadang orang-orang lebih memilih menyantap sayuran secara mentah. Di sisi lain, beberapa orang juga lebih suka menyantap sayuran mentah karena teksturnya yang lebih renyah dan terasa lebih nikmat.

Padahal ada beberapa sayuran yang nyatanya lebih menyehatkan jika dimasak terlebih dahulu. Penasaran apa saja? Simak nih.

1. Zucchini
Meski sayuran ini mirip timun yang notabene langsung bisa dikonsumsi mentah, nyatanya zucchini tidak demikian. Memasaknya terlebih dahulu akan membuat kandungan antioksidan di dalamnya jadi lebih awet.

2. Wortel
Wortel memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Sama seperti zucchini, memasak wortel akan membuat kandungan antioksidannya bertahan lebih lama. Hal ini pernah diungkapkan dalan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry yang terbit pada tahun 2008, bahwa memasak wortel akan membuat kandungan antioksidannya bertahan lebih lama.

3. Tomat
Tomat mengandung lycopene yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker. Nah, supaya manfaat tomat bisa didapatkan secara optimal, maka sebaiknya dimasak terlebih dahulu.

Itulah tiga jenis sayuran yang lebih menyehatkan jika dimasak terlebih dahulu. Dari ketiga sayuran di atas, mana nih yang sering kamu makan mentah? Mulai sekarang hilangkan kebiasaan itu ya. (*)

sumber: HiMedik