Positifers, Ini Tips Cegah Bibir Pecah-pecah

" mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin terutama makanan yang kaya riboflavin seperti telur."
vitamin B merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Bibir merupakan area yang sangat sensitif. Bibir juga salah satu alat komunikasi yang pertama kali dilihat orang. Namun, tak jarang dari kita yang mengalami bibir pecah-pecah. Apakah Anda salah satu diantaranya? Jika ia, simak tips dari Boldsky ini untuk mengatasinya.

1. Zat besi

zat besi, seng dan vitamin B merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. kekurangan 3 nutrisi penting tersebut juga dapat merusak bibir sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah. Jika lip balm dapat memberikan perlindungan dari luar soal bibir, maka hal itu tidak berlaku untuk bagian dalam bibir. Oleh karena itu kita dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin terutama makanan yang kaya riboflavin seperti telur.

2. Dehidrasi

Ketika kekurangan jumlah kadar air tubuh kita kurang fit sehingga hampir semua fungsi biologis terganggu, tidak terkecuali bibir. Bibir merupakan bagian yang sangat butuh air, maka dari itu cobalah membiasakan diri mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari atau lebih. Hal itu dapat melembabkan keadaan bibir yang kering dan pecah
3. Reaksi alergi

Bibir area sensitive yang membutuhkan banyak perawatan tapi bukan berarti anda bebas menggunakan produk-produk luar untuk kesehatan bibir, terutama obat yang meiliki efek. Reaksi alergi terjadi disekitar mulut biasanya dimanifestasikan pertama di bibir karena sensitif membuat bibir anda kering, bersisik dan bengkak. Sebaiknya sebelum anda menggunakan produk luar konsultasikan terlebih dulu dengan dokter.
4.Penyakit Kawasaki

Bibir yang pecah-pecah juga dapat sebagai petanda penyakit serius yang ada dalam tubuh anda seperti penyakit Kawasaki yaitu membengkaknya pembuluh darah dan masalah pada kelenjar getah bening. Sebaiknya jika bibir anda mengalami kering dan pecah-pecah segeralah periksa kebagian medis professional untuk penangganan lebih lanjut.

[Gustina]