Musim Hujan Bikin Gampang Pilek? Yuk Atasi dengan Konsumsi Ini

"Untuk hasil yang lebih efektif, pemberian Vitamin C harus dimulai sesegera mungkin setelah timbulnya gejala pilek biasa"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Positifer, apakah di tempat kamu sekarang cuacanya sering hujan sehingga bikin kamu gampang pilek? Konsumsi saja Vitamin C dengan dosis yang lebih besar. Sebuah penelitian menemukan bahwa, Vitamin C secara signifikan mampu mengurangi durasi infeksi virus.

 Dilansir dari Boldsky, penelitian tersebut menunjukkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi 1/8 gram Vitamin C per hari selama pilek, maka durasi pileknya akan berkurang.

Memang pemberian Vitamin C tidak menurunkan jumlah munculnya penyakit pilek secara keseluruhan, namun vitamin C dapat mengurangi jumlah penyakit pilek pada orang yang aktif secara fisik. Sebagaimana yang di katakan Harri Hemila, seorang peneliti dari Universitas Helinsky, Finlandia.

“Mengingat efek yang konsisten dari vitamin C selama pilek, keamanannya dan biayanya yang murah, akan menjadi bermanfaat bagi pasien yang menderita pilek biasa untuk menguji apakah terapi 8 gram per hari Vitamin C itu bermanfaat bagi mereka,” ujarnya.

“Untuk hasil yang lebih efektif, pemberian Vitamin C harus dimulai sesegera mungkin setelah timbulnya gejala pilek biasa,” tambah Hemila, di majalah jurnal nutrisi.

Vitamin C sendiri juga banyak terdapat dalam makanan seperti paprika, sayuran berwarna hijau gelap, buah kiwi, brokoli, berri, buah jeruk, tomat, kacang polong, dan pepaya.

Sementara berbagai penelitian yang dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mampu mencegah dan meredakan infeksi yang disebabkan oleh beragam bakteri, virus, dan protozoa.

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang memiliki enam gram dosis vitamin C per hari dapat memperpendek durasi pilek mereka sebanyak 17 persen, sedangkan orang yang menkonsumsi delapan gram dosis per hari mampu memperpendek durasi pilek tersebut sebanyak 19 persen.