Hutan Bakau Disebut Mampu Mencegah Tsunami, Ini Faktanya

"Keberadaan hutan bakau ini mampu melindungi tanah di sekitar garis pantai agar tidak terbawa oleh air laut"
ilustrasi hutan bakau (pixabay)

KLIKPOSITIF -- Hutan bakau menjadi salah satu jenis hutan yang tumbuh di media tanah seperti rawa dan perairan payau. Hutan jenis ini biasanya ditemukan di kawasan perairan yang berbatasan dengan garis pantai. Biasanya, air laut akan sering pasang dan surut sesuai pergerakan angin laut.

Keberadaan hutan bakau ini mampu melindungi tanah di sekitar garis pantai agar tidak terbawa oleh air laut. Hutan jenis ini akan tumbuh di sekitar daratan yang bersifat lembek atau tanah endapan yang berasal dari proses air laut. Untuk bisa tumbuh, hutan bakau membutuhkan suhu air hangat serta paduan sempurna antara air asin dan air tawar.

Di dahan-dahan bakau kamu akan menemukan berbagai jenis burung hidup dan berkembang biar di sana. Namun, kapasitas hutan bakau sudah berkurang sebanyak 35 persen karena banyaknya penebangan untuk membangun rumah penduduk, bandara udara, hingga pelabuhan.

Padahal hutan ini memiliki manfaat yang luar biasa, salah satunya adalah mampu menangani tsunami. Selain itu, hutan ini juga sangat baik untuk menjadi lokasi penyimpanan CO2 yang besar. Pada beberapa kasus, hutan bakau ampuh untuk melindungi kawasan pesisir dari terjangan badai, angin topan, dan tsunami.

Hal ini karena ekosistem hutan ini mampu menyerap air dalam jumlah besar sehingga mampu mencegah banjir dan tingginya gelombang air. Saat badai Haiyan menerpa Filipina, hutan bakau diyakini mampu meminimalisir dampak kerusakan di kawasan pesisir. Hutan bakau bahkan bisa meredam ketinggian ombak hingga setengah meter.

Selain itu, masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan bakau akan sangat terbantu dengan adanya tumbuhan ini. Pasalnya, air laut mengandung kadar garam yang cukup tinggi yang mampu mendukung kehidupan manusia.

Biasanya tanaman bakau akan membentuk perairan payau di sekitar garis pantai. Dengan ini, masyarakat akan mendapatkan air yang lebih bersih. Salah satu kondisi buruk yang sering terjadi di laut adalah ... Baca halaman selanjutnya