Pernah Mengalami? Berikut Hal-hal yang Belum Diketahui dari Dejavu

"70 persen manusia pernah mengalami dejavu dan usia yang paling banyak mengalaminya ialah 15 sampai 25 tahun"
ilustrasi dejavu (net)

KLIKPOSITIF -- Dejavu dalam bahasa Prancis artinya 'sudah terlihat'. Dejavu mengacu pada kondisi yang baru kamu alami namun rasanya seperti kamu telah mengalaminya.

Misalnya, ketika kamu berada dalam sebuah ruangan pameran dan melihat seorang wanita bergandengan dengan teman wanitanya. Kamu merasa pernah melihat kejadian seperti itu padahal itu adalah kejadian pertama yang kamu lihat.

Sebuah penelitian dari How Stuff Works mengatakan sebanyak 70 persen manusia pernah mengalami dejavu dan usia yang paling banyak mengalaminya ialah 15 sampai 25 tahun. Seorang psikolog terkenal Sigmund Freud mengatakan dejavu terjadi karena keinginan yang terpendam.

Sementara, Carl Jung berpendapat jika dejavu berhubungan dengan alam bawah sadar seseorang. Penelitian lain yang dilakukan oleh Anne Cleary, seorang psikolog asal Colorado, Amerika Serikat, menyatakan jika dejavu hanyalah perasaan semata. Tidak lebih.

Dari psychological science, Cleary menjelaskan, mereka yang mengalami dejavu berarti mereka tidak bisa menggambarkan sesuatu secara jelas. "Otak mengenali kejadian yang mirip tersebut namun kita tidak bisa mengenali kejadian sebelumnya secara sadar. Kita juga tidak tahu kapan dan mengapa hal itu terjadi," tuturnya.

Penyebab lain kamu alami dejavu, yakni:
1. Pernah lihat hal yang sama
Sebuah teori Familiarity Based Recognition menjelaskan dejavu terjadi karena seseorang tidak mengenali sesuatu yang dia lihat secara penuh.

2. Sering berimajinasi
Kamu yang sering berimajinasi dan suka melakukan perjalanan biasanya cenderung mengalami dejavu. Hal ini terjadi akibat banyaknya objek atau pengalaman yang sering kamu temui.

3. Berkaitan dengan epilepsi
Sudah banyak penelitian yang mengatakan jika dejavu ada kaitannya dengan epilepsi. Dejavu terjadi ketika lobus temporal di otak mengalami kejang. Sama halnya ketika seseorang mengalami ... Baca halaman selanjutnya