Anda Mengidap Asam Urat? Hindari Makanan Ini

"Peningkatan kadar asam urat biasanya tidak disadari karena kurangnya gejala"
ilustrasi asam urat (net)

KLIKPOSITIF -- Saat ini, asam urat adalah salah satu penyakit metabolisme yang paling umum terjadi di kalangan orang dewasa yang dikaitkan dengan nutrisi.

Ada dua jenis asam urat, primer dan sekunder. Asam urat primer adalah hasil dari masalah metabolisme yang terkait dengan pembuangan kotoran yang tidak cukup oleh ginjal. Sementara asam urat sekunder disebabkan oleh penyakit seperti tumor, anemia, diabetes, dan ginjal.

Lalu apa yang menyebabkan asam urat berlebih dalam darah? Senyawa organik yang disebut purin diubah menjadi asam urat oleh aktivitas metabolisme tubuh. Asam urat kemudian diproses dan dihilangkan dari tubuh melalui ginjal. Jika fungsi ini terganggu, kadar asam urat dalam darah akan meningkat.

Peningkatan kadar asam urat biasanya tidak disadari karena kurangnya gejala. Namun pada akhirnya, kadar asam urat akan meningkat secara permanen sehingga membentuk kristal asam urat.

Kristal ini cenderung berkumpul di jempol kaki, tendon dan tulang rawan telinga atau membentuk batu ginjal. Bahkan jika kadar asam urat sudah sangat tinggi, nyeri serta kemerahan dan pembengkakan biasanya akan muncul.

Bagaimana cara mendiagnosis asam urat? Kadar asam urat dapat diketahui melalui tes darah. Laki-laki cenderung memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Namun, wanita berisiko lebih tinggi ketika memasuki masa awal menopause karena kadar hormon estrogen yang menurun.

Diet ekstrem juga bisa meningkatkan kerusakan sel-sel tubuh yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Makan daging dan minum alkohol dalam jumlah berlebihan juga bisa memperparah kondisi ini. Kadar asam urat normal dalam darah adalah untuk pria 3,5 hingga 7,0 mg/dl dan wanita: 2,5 hingga 5,7 mg/dl.

Dalam kasus ringan, asam urat dapat diobati dengan obat nyeri anti inflamasi serta kompres dingin. Ini bisa meringankan nyeri selama beberapa jam.

Hal yang harus kamu perhatikan:

  1. Cobalah untuk ... Baca halaman selanjutnya