Ini Alasan Film 'Embun Gurun Pasir' Libatkan 90 Persen Perawat

"Lokasi syuting dilakukan di tiga daerah di Sumbar, yakni Mentawai, Tanah Datar dan dan Kota Padang"
Embun Gurun Pasir (Youtube)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Padang, Alfitri mengungkapkan, hampir 90 persen aktor dan kru dalam film berjudul Embun Gurun Pasir yang disutradarai oleh Raymond Moza merupakan perawat, selebihnya berasal dari anggota Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) Sumatera Barat (Sumbar).

PPNI Kota Padang memilih film menjadi wadah menyampaian pesan profesional mereka dalam bekerja walaupun dalam kondisi apapun, termasuk putus cinta, keluarga dan persoalan penempatan atau lokasi mereka mengabdi.

Film ini bercerita tentang pahitnya kisah cinta perawat muda yang tetap bekerja maksimal walaupun hatinya sedang hancur.

Lokasi syuting di tiga daerah, Mentawai, Tanah Datar dan dan Kota Padang menjadikan film tersebut sinkron dengan kondisi perawat di Sumbar saat ini.

Alfitri, yang juga menjadi eksekutif produser dalam film Embun Gurun Pasir menjelaskan, perawat sebagai garda terdepan yang berhadapan dengan kesehatan masyarakat harus tetap profesional walaupun memiliki segudang masalah hidup, apakah itu percintaan, keluarga dan lokasi tempat mengabdi yang terpencil sekalipun.

"Film ini bertujuan memperkenalkan profesi perawat kepada masyarakat. Kemarin baru saja kita putar di Bioskop Karya Padang ditonton oleh tokoh masyarakat di Sumbar termasuk Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Walikota Padang Panjang Fadli Amran dan banyak tokoh lainnya," ujarnya, Minggu 7 Oktober 2018.

Melalui film tersebut menurut Alfitri, perawat tidak kaku terhadap bidang lain seperti dunia akting, sebab merawat juga merupakan seni. Dia berharap film tersebut lebih memperkenalkan profesi perawat secara mendalam kepada masyarakat.

[Joni Abdul Kasir]