Bunda, Yuk Ajak Anak Main Diluar Akhir Pekan Ini

"Bermain, khususnya di luar ruangan ini juga membantu perkembangan otak anak."
Mengajak Anak main di luar ruangan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Mengajak Anak main di luar ruangan sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Hal ini mengingat banyak permainan digital atau gadget yang akhirnya membuat si kecil malas bergerak.

Dokter konsultan tumbuh kembang anak, dr. Bernie Endyarbi Medise, SpA(K), MPH mengatakan main di luar rumah merupakan tempat terbaik bagi anak-anak prasekolah untuk berlatih dan menguasai keterampilan fisik mereka. Di luar rumah pula, anak-anak dapat secara bebas menggali keterampilan motorik, seperti berlari ataupun melompat.

"Bermain, khususnya di luar ruangan ini juga membantu perkembangan otak anak. Mereka paham mengenai konsep problem solving. Tak hanya itu, bermain di luar ruangan dengan aktif juga membuat fungsi tubuhnya lebih baik. Melatih jantung dan kardiovaskular, respirasi otot, hingga melatih semuanya. Mulai dari motor kasar, motor halus, bahasa personal dan sosial," ungkapnya di Jakarta, Rabu (1/8).

Bukan cuma itu, bermain di luar ruangan juga melatih berbagai konsep, mulai dari ukuran, warna, hingga bentuk dan mengenalkan mereka pada alam. Dengan bermain, anak juga bisa memiliki kreatifitas dan konsentrasi yang lebih baik untuk mempersiapkan diri saat mereka bersekolah nanti, bersikap kooperatif, melatih kepatuhan dan kontrol diri.

"Untuk orangtua, mengajak anak bermain di luar ruangan juga membantu mereka lebih mengenal lagi karakter anaknya. Apakah anaknya tipe kinestetik yang lari sana sini, senang main di luar. Ada yang sukanya main di dalam aja nggak mau kompetitif, sehingga orangtua bisa memperlakukan anak dengan tepat dan tentunya kegiatan ini juga meningkatkan bonding orangtua dan anak," terangnya.

Sumber: Suara