Hal Ini Bisa Atasi Masalah Tidur

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF  - Tubuh manusia dilaporkan memerlukan durasi tidur setidaknya 7 jam sehari. Jika durasi ini kurang akan berdampak pada metabolisme tubuh dan beresiko menimbulkan gangguan kesehatan.

Kualitas tidur yang baik sangat diperlukan agar anda bisa beristirahat denan efektif dan bangun dalam keadaan fresh. Namun sayangnya, tidak sedikit yang mengalami masalah dengan jam tidur, diantaranya susah tidur. 

baca juga: Survei Ungkap 17 Juta Orang Indonesia Derita Gangguang Tiroid

Dilansir dari brightside ada sejumlah trik yang bisa dilakukan agar bisa tertidur. Pertama tarik nafas dengan pelan lewat hidung selama 4 detik. Lalu tahan nafas selama 7 detik. Dan terakhir hembuskan nafas lewat mulut selama 8 detik.

Para peneliti dari jurusan kedokteran Universitas Harvard telah meneliti cara ini. Metode ini dinilai mirip dengan anaesthetic dan ternyata sudah digunakan dalam yoga sejak dulu kala. Saat sedang merasa stres maka adrenalin dalam darah akan meningkat dan nafas akan menjadi lebih cepat dan ringan. Latihan pernafasan singkat ini akan mengurangi adrenalin dalam tubuh dan membuat anda lebih tenang. Dengan begini anda akan mudah tertidur.
 
 
 
 
 

baca juga: Dilarang oleh WHO, India Tetap Gunakan Hidroklorokuin untuk Obat Corona

Penulis: Ramadhani