Masyarakat Diimbau Waspadai Buah Impor di Pasaran

"Masyarakat diimbau lebih selektif dalam membeli buah-buahan"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF-- Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Martin Suhendri mengimbau masyarakat agar mewaspadai buah impor yang akhir-akhir ini sering beredar di pasaran.

"Kami mengimbau masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan impor yang dijual dengan harga yang relatif murah, karena hingga saat ini kami masih melakukan penelitian terkait kandungan yang ada di dalam buah anggur murah yang sempat viral beberapa waktu lalu," ujarnya saat diwawancarai, Jumat 28 September 2018.

Menurutnya, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap anggur yang sempat viral karena dijual dengan harga yang sangat murah.

"Kami sudah melakukan sampling terhadap anggur yang sempat hangat di kalangan masyarakat dan kami tidak menemukan adanya kandungan formalin," lanjutnya.

Ia melanjutkan, pihaknya hingga saat ini masih berkoordinasi dengan Dinas Pertanian terkait anggur tersebut agar dipastikan sehat atau tidaknya.

"Kami tidak puas dengan hasil laboratorium terkait formalin saja dan ada salah satu parameter yang wajib yaitu dari segi mikro biologinya," lanjutnya.

Ia menegaskan, pihaknya masih melakukan penelitian terkait perkembangan mikroba yang ada pada buah tersebut.

"Untuk perkembangan mikroba ini harus memakan waktu selama lima hari dan kami masih membutuhkan waktu untuk mikro biologinya," sambungnya.

Ia mengimbau masyarakat agar bisa lebih selektif lagi terkait buah-buahan apalagi buah yang diimpor.

[Halbert Caniago]