Wajib Tahu! Studi Ini Ungkap Lima Keuntungan Menjadi Jomblo

"studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology pada 2008 mengungkapkan bahwa tingkat kebahagiaan para jomblo tak jauh beda dengan yang sudah memiliki kekasih"
ilustrasi jomblo (net)

KLIKPOSITIF -- Menjadi jomblo tak selamanya menyedihkan. Terbukti dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Social Psychology pada 2008 mengungkapkan bahwa tingkat kebahagiaan para jomblo tak jauh beda dengan yang sudah memiliki kekasih.

Dirangkum dari Himedik, berikut keuntungan bagi para jomblo yang hingga kini masih mengukuhkan statusnya:

1. Hati dan pikiran tetap tenang
Seorang pakar bernama Susan Winter mengatakan bahwa sebuah hubungan itu membutuhkan mental yang kuat. Sebab saat menjalin hubungan dengan seseorang, banyak hal yang harus dipikirkan. Apalagi kalau sedang bertengkar, bisa dipastikan pikiran jadi tak karuan. Namun ketika sendiri, pikiran hanya fokus pada diri sendiri dan keluarga. "Menjadi jomblo adalah sebuah kesempatan bagi otak punya ruang untuk memikirkan, mengembangkan diri atau ide-ide baru," ungkap Susan Winter.

2. Bebas melakukan yang diinginkan
Bagi yang sudah memiliki kekasih bisa dipastikan segala gerak geriknya menjadi terbatas. Segala hal yang akan dilakukan harus izin terlebih dahulu, namun ujung-ujungnya dilarang juga. Berbeda halnya bagi para jomblo, merek bebas malakukan segala hal, termasuk mengejar ambisi yang telah dipendam selama ini. "Hal ini membuat seorang jomblo cenderung melakukan kegiatan yang penuh petualangan dan memiliki banyak kesempatan baru dalam perjalanan hidup," kata psikolog dan pakar hubungan, Niloo Dadashti.

3. Waktu untuk diri sendiri lebih banyak
Dalam menjalin hubungan dengan seseorang, terkadang muncul hasrat untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri alias me time. Namun bagi para jomblo tak perlu repot, sebab setiap hari me time bisa dilakukan. Bahkan, banyak orang bilang ketika terlibat dalam sebuah hubungan jadi kehilangan jati diri. "Dan hal itu terjadi karena ia melakukan aneka hal untuk pasangan, bukan dirinya sendiri," kata Niloo Dadashti.

4. Hemat dan ... Baca halaman selanjutnya