Wujud Gotong Royong: Bayarlah Iuran JKN-KIS Ketika Sehat, Bukan Saat Sakit

"Suksesnya program yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan ini, dbutuhkan kerja sama antara pihak pemerintah maupun masyarakat"
Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafruddin (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - BPJS Kesehatan saat ini sedang mengalami defisit anggaran salah satu diantara faktor penyebabnya karena peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan yang sering menunggak pembayaran iuran per bulannya.

Hal tersebut dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Pasaman, Syafruddin pada KLIKPOSITIF, Senin 24 September 2018. Menurut Syafruddin, agar masyarakat dapat melakukan pembayaran iuran peserta secara teratur, yakni pada tanggal 10 setiap bulannya, bahkan bisa dibayar lebih dari 1 bulan misalnya dibayar untuk satu tahun di awal.

"Suksesnya program yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan ini, dbutuhkan kerja sama antara pihak pemerintah maupun masyarakat. Sebab, ini adalah program milik rakyat Indonesia bukan milik BPJS Kesehatan, apalagi bagi peserta PBPU atau Mandiri yang kolektabilitasnya sangat rendah di daearah Pasaman ini" ujar Syafruddin.

Dan perlu disadari, kata Syafruddin, iuran yang dibayar adalah untuk menolong sesama saudara kita yang sedang berobat atau terbaring dirumah sakit yang sangat butuh pertolongan kita semua.

"Kepada masyarakat yang menunggak, mohon segera rutin melakukan pembayaran. Dibutuhkan gotong royong yang besar, untuk mendorong program JKN-KIS ini" ajaknya.

Sebab, dengan mengandalkan iuran personal tidak akan pernah cukup sampai kapanpun jika yang bersangkutan satu kali saja masuk rumah sakit. Maka karena itulah diperlukan gotong royong sesama (yang sehat membantu yang sakit-red) " jelas Syafruddin.

Ia menyebutkan, pihaknya juga berupaya melakukan telecolekting/sambungan telepon secara personal kepada peserta yang terlambat membayar iuran, diatas jangka waktu tiga bulan.

Hal ini diharapkan Syafruddin, agar kepesertaannya tetap aktif dan ketika diperlukan di fasilitas kesehatan tidak terjadi kendala, tentunya dengan telekcolekting dan sekaligus edukasi itu bisa mengingatkan kesadaran dari masyarakat untuk dapat bersinergi dalam program pemerintah ... Baca halaman selanjutnya