Ingin Bahagia, Rajinlah Konsumsi Buah dan Sayur

"kebahagiaan seseorang meningkat secara bertahap saat meningkatkan porsi buah dan sayur yang dimakan"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian di University of Warwick di London mengungkap hubungan antara konsumsi buah dan sayur dengan perasaan bahagia. Mengkonsumsi hingga delapan porsi lebih banyak buah dan sayuran setiap hari dapat juga secara substansial meningkatkan kebahagiaan seseorang.

Profesor University of Warwick Andrew Oswald menyebutkan makan buah dan sayuran meningkatkan kebahagiaan kita jauh lebih cepat daripada meningkatkan kesehatan manusia. Temuan ini menunjukkan bahwa kebahagiaan seseorang meningkat secara bertahap untuk setiap porsi ekstra buah-buahan dan sayuran hingga per hari. Orang-orang yang berubah dari hampir tidak mengonsumsi delapan porsi buah-buahan dan sayuran dalam sehari menunjukkan peningkatan kepuasan hidup.

"Perbaikan kesejahteraan dengan peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran dapat terjadi lebih cepat," tambah Oswald.

Ia menemukan manfaat psikologis besar yang ditemukan dalam waktu dua tahun pada orang-orang yang mengonsumsi porsi besar buah dan sayur. Ada manfaat psikologis dari konsusi buah-buahan dan sayuran, bukan hanya mengurangi risiko kesehatan.

Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh para profesional kesehatan untuk membujuk orang-orang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, khususnya di negara maju, di mana warga biasa makan makanan yang tidak sehat.