Bunda, Ini Cara Mengurangi Kebiasaan Menggendong Anak

"Tidak lagi menyuapinya dengan digendong, biarkan anak makan sambil duduk."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Saat belum bisa berjalan, orangtua pasti sering menggendong anak misalnya, saat mengajaknya jalan-jalan menikmati matahari pagi, menyuapi makan, atau sekadar memindahkannya ke tempat lain.

Melatih kemandirian anak agar tak merengek minta gendong tentunya perlu diakali dengan baik. Nah, bagaimana cara melakukannya? Dilansir dari laman suara, berikut tipsnya.

1. Memberi kebebasan anak untuk mengasah kemampuannya untuk berjalan, melompat, atau berlari. Bagi anak yang belum lancar berjalan, Anda bisa memegang tangannya ketika melangkahkan kakinya.

2. Tidak lagi menyuapinya dengan digendong, biarkan anak makan sambil duduk.

3. Tidak lagi mengendongnya ke kamar mandi jika ia ingin buang air malam-malam. Anda cukup mengantar dan menemaninya saja.

4. Jika Anda berjalan-jalan di luar rumah, Anda bisa menggenggam tangannya dan luangkan waktu untuk beristirahat.

5. Memperbanyak aktivitas di luar rumah dengan jalan kaki, melatih anak jadi tidak lagi-lagi merengek minta digendong.

6. Siapkan sepatu yang nyaman, sesuai ukuran kaki dan kegiatan anak.

7. Jelaskan pada anak, bahwa seusianya tidak lagi perlu sering digendong. Beri contoh pada anak jika temannya yang lain tidak merengek minta digendong.

8. Kalau harus pergi seharian dan banyak berjalan kaki, sebaiknya bawa stroller yang nyaman supaya anak tidak perlu digendong ketika ia butuh istirahat.

Jadi jangan manjakan bayi dengan menggendong melewati batas waktunya, biarkan ia belajar berjalan dan berkembang mengikuti umurnya.