Yoghurt Lebih Banyak Gula Dibandingkan Minuman Bersoda

" yoghurt organik sekalipun, mengandung lebih banyak gula dibanding cola atau minuman bersoda."
hampir 900 produk yoghurt yang dijual di pasaran Inggris memiliki kandungan gula sangat tinggi. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Percaya tidak percaya, dan sebaiknya dijadikan wacana untuk meningkatkan kewaspadaan. Bahwa baru-baru ini ditemukan hasil penelitian yang menyebutkan hampir 900 produk yoghurt yang dijual di pasaran Inggris memiliki kandungan gula sangat tinggi.

Hal ini terungkap lewat sebuah studi yang digelar Universitas Leeds, West Yorkshire, Inggris. Para pakar menemukan fakta bahwa yoghurt organik sekalipun, mengandung lebih banyak gula dibanding cola atau minuman bersoda.

Dari penelitian ini juga terungkap bahwa hanya yoghurt alami dan yoghurt Yunani (Greek yoghurt, biasanya bercitarasa lebih tawar), yang tergolong rendah gula.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open dan berkat penelitian ini pula, pemerintah Inggris mendesak agar produsen yoghurt mengambil sikap untuk mengurangi kandungan gula pada produk-produk mereka.

Diketahui, pada satu produk yoghurt biasa rata-rata mengandung 16,4 gr gula per 100 gr. Sementara untuk yoghurt organik biasanya mengandung 13,1 gr gula per 100 gr. Sementara dalam 100 gr minuman bersoda, rata-rata hanya mengandung 9 gr gula.

Bila ingin dimasukkan ke dalam kategori rendah gula, suatu produk tidak boleh mengandung 5 gr gula dalam setiap satuan 100 gr. Dr Bernadette Moore, pakar utama dalam penelitian ini menyatakan bahwa tingginya kandungan gula pada yoghurt sangatlah mengejutkan.

"Bahkan jika kami memperhitungkannya, kebanyakan dari yoghurt ini masih tidak bisa disebut rendah gula. Saya pikir orang, termasuk orangtua, akan terkejut mengetahui berapa banyak gula yang ada dalam yoghurt. Saran saya adalah membeli yoghurt alami dan mencampurnya dengan buah segar," saran dr Bernadette Moore.

Sumber: Suara