Mengapa Berenang di Air Dingin Mampu Redakan Depresi?

"ada peningkatan tekanan darah, laju pernapasan dan hormon stres yang mulai dilepaskan."
Berenang di air dingin membangkitkan respon stres yang merupakan serangkaian reaksi fisiologis dan hormonal sehingga membantu berbagai jenis ancaman potensial. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Ya, menurut sebuah laporan penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal Case Reports, berenang di air dingin bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk mengatasi depresi.

Penelitian ini dipimpin oleh seorang dokter bernama Chris Van Tulleken dari University College, London, dan ditulis bersama oleh dua ilmuwan dari University of Portsmouth.

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, tim peneliti membantu kasus seorang perempuam dengan kecemasan dan depresi parah, yang mulai berenang di air dingin dan mulai merasa lebih baik.

Dia terus berenang dan gejala depresi dan kecemasannya mulai turun. Studi ini adalah yang pertama meneliti terapi air untuk mengobati depresi dan itu adalah bagian dari program televisi yang dibuat oleh Dr. Van Tulleken.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut beberapa alasan mengapa berenang di air dingin bisa mengatasi depresi.

1. Air dingin mengaktifkan respon stres dalam tubuh
Berenang di air dingin membangkitkan respon stres yang merupakan serangkaian reaksi fisiologis dan hormonal sehingga membantu berbagai jenis ancaman potensial. Ketika Anda berenang di air dingin, ada peningkatan tekanan darah, laju pernapasan dan hormon stres yang mulai dilepaskan.

Namun jika Anda hanya berendam di air dingin selama beberapa kali, dengan suhu 15 derajat Celsius atau kurang, ini tidak akan efektif.

2. Air dingin dapat membuat aktif otak
Berenang di air dingin dapat berfungsi sebagai sebagai terapi kejut yang memicu beta-endorphin dan noradrenalin di otak. Kejutan air dingin sangat mirip dengan terapi kejut listrik.

Sejumlah besar impuls listrik bergerak dari ujung saraf kulit untuk mencapai otak. Mereka menyentak sistem Anda untuk meningkatkan tingkat energi, kejelasan, dan kewaspadaan. Reaksi ini dapat memiliki efek yang menguntungkan pada mereka yang mengalami depresi.

3. Air dingin bisa membantu ... Baca halaman selanjutnya