Ini yang Terjadi saat Perut Lapar

"Ketika Anda tidak makan makanan selama lebih dari 3 hingga 4 jam, tingkat insulin menurun karena tidak ada glukosa untuk dibawa ke sel-sel tubuh kita"
ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Apakah Anda sering merasa lapar? Jika ia, maka ada alasan dibalik semua itu. Hal itu seperti stres, tidak minum air dengan benar hingga kurang tidur atau masalah kesehatan lainnya. Tetapi jika Anda benar-benar ingin tetap sehat, Anda harus memiliki BMI yang sehat, dan cara terbaik untuk mempertahankannya adalah dengan mengendalikan rasa lapar Anda.

Makan berlebihan menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam jangka panjang seperti kelebihan berat badan, diabetes, gangguan metabolisme, hipertensi, dll.

Beberapa Fakta Tentang Kelaparan
Rasa lapar Anda pada dasarnya dikendalikan oleh 3 hormon, yakni insulin, ghrelin dan leptin. Hormon-hormon ini memainkan peran yang berbeda ketika makan. Peran utama yang dimainkan oleh insulin dalam tubuh adalah mengontrol kadar glukosa dalam darah.

Ketika Anda tidak makan makanan selama lebih dari 3 hingga 4 jam, tingkat insulin menurun karena tidak ada glukosa untuk dibawa ke sel-sel tubuh kita. Ketika ini terjadi, hormon yang disebut ghrelin akan disekresikan di dalam tubuh untuk memicu rasa lapar.
Setelah mengonsumsi makanan, kadar gula dalam tubuh kita memicu hormon leptin yang menahan rasa lapar. Hormon leptin berperan dalam menghentikan rasa lapar dan mengendalikan massa tubuh, tetapi jika Anda makan berlebihan, hal itu mengarah ke resistensi leptin dan Anda terus makan berlebihan.

Disisi lain, ada 2 macam rasa lapar, yakni fisik dan mental. Ketika Anda merasa lapar karena kurangnya gula darah itu disebut rasa lapar fisik, tetapi ketika Anda masih merasa lapar meski makan dengan baik karena faktor emosional, itu disebut mental kelaparan.

Dilansir dari laman Boldsky, yang terakhir membuat Anda makan berlebihan dan memicu masalah, yakni obesitas dan penyakit yang terkait dengannya. Anda harus ketat dan disiplin memastikan Anda tidak makan berlebihan, karena hal itu hanya akan membuat Anda bertambah gemuk dan menderita berbagai penyakit ... Baca halaman selanjutnya