Jika Bayi Terus Menangis, Lakukan Cara Ini untuk Menenangkan

"Menangis merupakan salah satu cara bayi untuk berkomunikasi, menyampaikan perasaan ketika mereka membutuhkan sesuatu atau merasa tidak nyaman"
ilustrasi bayi menangis (internet)

KLIKPOSITIF -- Membingungkan memang jika bayi terus menerus menangis padahal sudah berusaha menenangkannya. Apalagi bagi para ibu muda, hal ini pastinya menjadi tantangan tersendiri.

Menangis merupakan salah satu cara bayi untuk berkomunikasi, menyampaikan perasaan ketika mereka membutuhkan sesuatu atau merasa tidak nyaman. Nah, jika sudah seperti ini coba lakukan beberapa cara berikut agar bayi berhenti menangis:
1. Berbisik
Perlu kamu tahu hanya dengan membisikkan suara ''sshhh'' pada telinga bayi bisa menenangkannya karena suara itu mirip dengan desingan yang biasa melingkupinya ketika masih berada dalam rahim. Tidak perlu ragu melakukan hal ini, karena menurut penelitian nada suara ibu merupakan cara paling efektif untuk menenangkan bayi.

2. Menyentuh
Sentuhan mampun memberikan stimulasi reseptor perasaan nyaman pada otak bayi. Bahkan penelitian juga menunjukkan bahwa sentuhan lembut di sepanjang tubuh lebih ampuh daripada sentuhan pendek dengan gerakan cepat.

3. Mengayun
Gerakan mengayun atau menggoyangkan tubuh bayi secara konstan juga bisa menenangkannya. Pasalnya hal tersebut akan mengingatkan si kecil ketika masih di dalam kandungan. Mulai sekarang, jangan keburu panik ya bun kalau bayi menangis.

Tenangkan dulu dengan cara di atas. Tapi kalau tangisan disertai dengan demam, pilek, atau gejala gangguan kesehatan lainnya, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter ya. (*)

sumber: HiMedik