Mata Lelah Karena Sering Lihat Layar Smartphone, Ini Solusinya

"Kondisi mata yang lelah itu ditandai dengan mata yang terasa berat, kering dan pandangan kabur"
ilustrasi melihat smartphone (shutterstocks)

KLIKPOSITIF -- Terlalu lama dan kebanyakan melihat ke layar smartphone bisa menyebabkan mata lelah. Apa sih yang Anda tonton di smartphone sampai tidak berpaling? Rasa-rasanya, layar smartphone selalu menggoda untuk ditengok setiap saat. Saking menggodanya, kita jadi lupa waktu.

Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan mata lelah. Kondisi itu antara lain ditandai dengan mata yang terasa berat, kering dan pandangan kabur. Nah, untuk mengatasi mata lelah, kamu bisa menerapkan 3 langkah mudah di bawah ini.

1. Atur kecerahan layar
Layar yang terlalu gelap bakal menyulitkan kita membaca. Tapi di sisi lain, layar yang terlalu terang bisa membuat mata bekerja ekstra. Oleh sebab itu, coba atur tingkat kecerahan layar sesuai dengan paparan sinar yang kamu terima di luar layar smartphone. Jika cahaya sekitar ruangan gelap, lebih baik aktifkan night mode yang membuat layar lebih redup. Sebaliknya, jika cahaya sekitar sangat terang, kamu bisa sedikit meninggikan tingkat kecerahan layar.

2. Berkedip
Saat terlalu fokus melihat hal-hal di layar smartphhone, seringkali kita jadi lupa berkedip. Padahal jika kita kurang berkedip mata akan menjadi kering, gatal dan kemerahan. Nggak perlu mengingat harus mengedipkan mata berapa kali, yang penting sering-seringlah mengedipkan mata saat melihat layar smartphone agar mata tetap lembab.

3. Istirahat 20 detik
Setelah 20 menit melihat layar, luangkan waktu 20 detik untuk istirahat. Buat mata fokus ke objek lain selain layar. Bisa dengan sekedar melihat sekeliling, menggoyangkan kepala dan lainnya. Cara ini akan membantu merenggangkan otot mata biar nggak tegang.

Itulah 3 langkah mudah untuk mengatasi mata lelah akibat terlalu lama melihat layar smartphone. Selamat mencoba! (*)

sumber: HiTekno