Ternyata Perempuan Mesir Sudah Tes Kehamilan Sejak 3.500 Tahun Lalu

"Papirus dari Mesir Kuno menunjukkan instruksi hieroglif tentang bagaimana perempuan dapat mengetahui apakah mereka hamil atau tidak dengan kencing ke dalam kantong jelai dan tas emmer"
ilustrasi hieroglif Mesir Kuno. (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Bangsa Mesir Kuno telah membuat penemuan-penemuan inovatif yang penting bagi kehidupan modern, hal-hal yang ada hari ini, termasuk kalender dan jam. Tapi, penemuan aneh baru-baru ini dari teks Mesir Kuno menunjukkan bagaimana perempuan melakukan tes kehamilan 3.500 tahun lalu!

Papirus dari Mesir Kuno menunjukkan instruksi hieroglif tentang bagaimana perempuan dapat mengetahui apakah mereka hamil atau tidak dengan kencing ke dalam kantong jelai dan tas emmer (berbagai gandum dibudidayakan di Mesir kuno pada saat itu).

Seorang peneliti di Universitas Kopenhagen yang mempelajari dokumen tersebut mengatakan, tulisan pada papirus itu berbunyi, “Jika mereka tumbuh, dia akan melahirkan. Jika barley tumbuh, itu berjenis kelamin lelaki. Jika emmer tumbuh, itu adalah seorang gadis. Jika mereka tidak tumbuh, dia tidak akan melahirkan.”

Penemuan ini adalah salah satu dari banyak papirus milik Universitas Kopenhagen dengan sejumlah teks medis dari waktu itu. “Kami berurusan dengan jenis materi yang sangat langka,” kata Egyptologist Kim Ryholt, kepala koleksi papirus Carlsberg yang menerjemahkan teks-teks tersebut dikutip Al Arabiya dari CNN.

"Ada kurang dari selusin papirus medis Mesir kuno yang terpelihara dengan baik ... Apa pun yang baru akan memberi cahaya baru yang penting," katanya.

Para ahli menambahkan bahwa metode tes kehamilan ini digunakan dalam pengobatan Yunani dan Romawi, dan juga ditemukan dalam tradisi medis Eropa. CNN melaporkan bahwa para peneliti menguji teori tersebut pada tahun 1963 dan menemukan bahwa dalam 70 persen kasus, urin ibu hamil menyebabkan biji-bijian bertunas. (*)

sumber: suara.com