Studi Sebut Perokok Lebih Mudah Terjangkit Virus Flu

"respon pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif dalam bentuk asap rokok, mematikan pertahanan antiviral."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Anda seorang perokok dan merasa sering mengalami flu atau pilek daripada orang lain? Tahukah jika kedua hal ini ternyata berhubungan? Para peneliti dari Yale telah menemukan mengapa beberapa orang lebih rentan terhadap flu.

Studi mereka mengungkapkan, bahwa perokok lebih mudah terjangkit virus flu dari orang yang bukan perokok. Menurut mereka, respon pertahanan tubuh terhadap stres oksidatif dalam bentuk asap rokok, mematikan pertahanan antiviral.

Ini membuat sel-sel dalam hidung lebih rentan terhadap virus. Pada dasarnya, tubuh Anda memusatkan semua upaya untuk melawan efek buruk dari asap rokok. Akan tetapi, dalam proses ini, tubuh akhirnya gagal melawan virus sehngga virus flu mudah masuk.

Menurut Ellen Foxman, peneliti utama dalam studi ini, lapisan saluran napas dapat melindungi virus flu atau zat berbahaya lainnya yang masuk lewat saluran udara.

Namun ketika ada dua tekanan yang berbeda, saluran napas Anda mencoba untuk menangani jenis stres lain, ia dapat beradaptasi tetapi risikonya adalah ia lebih rentan terhadap infeksi rhinovirus.

Rhinovirus adalah penyebab utama infeksi flu, pernapasan akut dan asma, tetapi infeksi ini juga sering menempel pada mukosa hidung tanpa menyebabkan gejala, jelas studi tersebut.

Penelitian sebelumnya yang juga dilakukan oleh Universitas Yale juga menunjukkan mengapa gejala dan virus flu lebih parah pada perokok dibandingkan non-perokok. Merokok juga menempatkan Anda pada risiko beberapa penyakit seperti kanker, penyakit paru-paru dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Dilansir dari laman suara, penulis utama Jack A Elias, MD, Profesor Kedokteran Waldermar Von Zedtwitz dan ketua pengobatan internal di Yale School of Medicine dikutip di Yale News mengatakan bahwa temuan itu menunjukkan bahwa perokok tidak mendapat masalah karena mereka tidak dapat membersihkan atau melawan virus; mereka mendapat masalah karena mereka bereaksi ... Baca halaman selanjutnya