Bagian Sayur yang Terbuang Ini Ternyata Kaya Manfaat

"Di APG ke-3 2018 Jakarta, NPC Indonesia menargetkan Indonesia di peringkat 7 dengan 17 emas"
Ilustrasi (Net)

 

KLIKPOSITIF - Vitamin dan serat dalam sayur dan buah merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya dagingnya saja, bagian lain seperti kulit, batang, hingga biji nyatanya juga memiliki kandungan yang bermanfaat.

Sayangnya hanya sebagian kecil orang yang tahu akan hal ini. Sehingga, bagian yang bermanfaat terkadang malah diabaikan dan terbuang sia-sia. Apa saja sih bagian sayur dan buah yang sering dibuang?

1. Kulit kentang
Masih banyak orang yang terheran-heran ketika ada olahan kentang yang dimasak bersama kulitnya. Memang nampak aneh, tapi ternyata apa yang dilakukan tidaklah salah. Pasalnya kulit kentang mengandung sejumlah nutrisi. Seperti vitamin B, C, kalium, dan kalsium. Hanya saja pastikan kentang yang tidak dikupas kulitnya itu sudah dicuci dengan bersih.

2. Batang bayam
Sebagian orang sudah banyak yang memasak bayam dengan mengikutsertakan batangnya. Entah karena mengetahui manfaatnya atau memang menyukai bagian tersebut.

Yang perlu kamu tahu, ternyata kandungan serat dalam batang bayam sama banyaknya lho dengan daunnya. Jadi, kalau bikin atau makan sayur bayam jangan sisihkan batangnya, ya!

3. Biji labu kuning
Labu kuning kerap dimanfaatkan dagingnya untuk diolah menjadi sajian kolak. Padahal tak hanya dagingnya yang bisa dimakan. Bijinya juga bisa dimakan dan mengandung beragam nutrisi. Di antaranya yaitu protein, zat besi, dan magnesium. Biji labu kuning juga mengandung fitosterol yang mana bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah sakit kepala, osteoporosis, hingga jantung.

Cara konsumsi biji labu kuning ini juga terbilang mudah kok. Kamu bisa langsung mengkonsumsi bersama buahnya atau mencampurkannya dengan olahan lain. Bijinya juga bisa direbus dulu, digoreng, atau dipanggang.

4. Kulit buah sitrus
Lemon, jeruk nipis, jeruk termasuk dalam kelompok buah sitrus. Hampir semua orang membuang bagian kulit buah ini ketika ... Baca halaman selanjutnya