Enam Minuman Sehat Ini Bisa Kalahkan Kebiasaan Ngopi

"minum kopi memang punya dampak baik bagi tubuh dengan catatan tidak melebihi asupan kafein harian yang disarankan"
ilustrasi teh hijau (internet)

KLIKPOSITIF -- Akhir-akhir ini kebiasaan minum kopi jadi tren baru di kalangan milenial. Maka dari itu, tidak heran rasanya jika banyak coffee snob bertebaran di coffee shop lokal yang menjamur. Meski sedang jadi tren, minum kopi memang punya dampak baik bagi tubuh dengan catatan tidak melebihi asupan kafein harian yang disarankan.

Kalau Anda tidak terlalu suka kopi, jangan khawatir. Ada beberapa minuman sehat dan tak kalah nikmat yang bisa jadi alternatif. Apa saja? Yuk, simak!
1. Teh hijau atau matcha
Teh hijau dan turunannya, matcha, memberi peminumnya antioksidan, klorofil, dan serat. Kandungan-kandungan itu sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung, memerangi kanker, dan baik untuk orang-orang dengan diabetes tipe 2.

2. Teh kunyit
Teh kunyit mengandung kurkumin yang memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Kurkumin berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan gejala radang sendi, bahkan dapat mencegah kanker dan Alzheimer.

3. Teh Rosella
Bunga rosella mengandung bermacam zat gizi seperti protrin, riboflavia, protein, kalsium dan juga zat besi dalam kadar tinggi. Dengan rutin mengkonsumsi teh rosella, dipercaya dapat memerangi penyakit seperti kanker, hipertensi sampai menurunkan berat badan. Antioksidannya pun juga tinggi.

4. Cokelat hangat
Cokelat merupakan produk olahan yang dihasilkan dari biji tumbuhan kakao. Cokelat hangat mengandung neurotransmitter yang disebut anandamide yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan mental dan memicu rasa bahagia dalam diri. Selain itu juga merupakan sumber magnesium yang membuatmu tetap aktif.

5. Teh hitam
Tak kalah dari teh hijau, teh hitam juga mempunyai antioksidan dan fitonutrien yang bisa membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh sehingga punya efek menyehatkan. Teh hitam pun mempunyai kandungan kafein ... Baca halaman selanjutnya