Wajib Tahu! Konsumsi Keju Setiap Hari Bisa Cegah Penyakit Jantung

"Produk susu tinggi lemak memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kardiovaskular"
ilustrasi keju (internet)

KLIKPOSITIF -- Konsumsi tiga porsi produk susu setiap hari seperti keju dan mentega ternyata mendatangkan manfaat baik bagi kesehatan jantung. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Lancet ini bertentangan dengan rekomendasi diet yang menyarankan agar seseorang menghindari produk susu tinggi lemak.

Namun para peneliti dari Population Health Research Institute of McMaster University, Hamilton, Kanada menemukan bahwa konsumsi tiga porsi produk susu seperti susu atau yogurt tinggi lemak sebesar 244 gram, potongan keju sebesar 15 gram dan satu sendok teh mentega dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Dr. Mahshid Dehghan, peneliti utama studi ini mengatakan, produk susu tinggi lemak memiliki khasiat untuk mencegah penyakit kardiovaskular, terutama pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah dimana konsumsi susu mereka masih jauh di bawah negara maju.

Untuk mendapatkan temuan ini, Dr Mahshid Dehghan dan tim melakukan analisa sebanyak 136.384 responden berusia antara 35 hingga 70 tahun dalam studi Prospective Urban Rural Epidemiological (PURE). Pada awal penelitian, para responden diminta mengisi kuesioner tentang pola diet mereka.

Sembilan tahun kemudian, peneliti kembali mengunjungi mereka dan menemukan 6.796 responden telah meninggal dan 5.855 lainnya terkena serangan jantung.

Peneliti pun membagi para responden dalam empat kategori, pertama mereka yang mengonsumsi lebih dari dua porsi susu per hari; kedua hanya mengonsumsi satu sampai dua porsi sehari; ketiga hanya mengonsumsi satu produk susu sehari; dan kelompok terakhir tidak mengonsumsi susu.

Dari segi kawasan, peneliti menemukan konsumsi susu di Amerika Utara dan Eropa rata-rata mencapai 368 gram per hari atau lebih dari empat porsi. Sebaliknya, responden di Asia Tenggara tergolong mengonsumsi produk susu dalam jumlah paling sedikit yakni 37 gram per hari.

"Mereka yang mengonsumsi susu yang paling banyak lemak yakni rata-rata ... Baca halaman selanjutnya