Ini Manfaat Naik-Turun Tangga

"tidak selamanya olahraga harus yang berat atau harus dilakukan di pusat kebugaran"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Berolahraga di hari libur terkadang terasa membosankan. Apalagi hari libur tentunya dihabiskan dengan berlibur. Namun tidak selamanya olahraga harus yang berat atau harus dilakukan di pusat kebugaran.

Dilansir dari boldsky sebuah studi baru menunjukkan bahwa naik tangga yang dilakukan secara intens meskipun singkat dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membuat umur panjang. "Naik tangga adalah bentuk olahraga yang siapa pun bisa melakukannya di rumah, setelah bekerja atau selama jam makan siang," kata pemimpin penulis Martin Gibala, Profesor di McMaster University di Kanada.

Studi sebelumnya telah membuktikan manfaat naik tangga selama periode waktu yang berkelanjutan hingga 70 menit dalam seminggu. Tapi, dalam studi baru ini, para ilmuwan menentukan apakah sprint interval training (SIT) adalah alternatif yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kebugaran kardiorespirasi.

"Pelatihan Interval menawarkan cara yang nyaman untuk menyesuaikan olahraga ke dalam hidup Anda, daripada olahraga terstruktur," tambah Gibala.

Untuk studi yang dipublikasikan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise ini, tim merekrut 31 wanita yang sering menghabiskan waktu untuk duduk tapi sehat dan menguji efek dari dua aturan yang berbeda. Pertama membutuhkan komitmen waktu 10 menit, termasuk pemanasan, pendinginkan dan periode pemulihan. Sesi latihan dilakukan tiga kali seminggu selama enam minggu.

Sedangkan yang kedua melibatkan komitmen waktu total 30 menit dalam seminggu. Hasilnya, latihan ini meningkatkan kebugaran kardiorespirasi - penanda sehat penting yang terkait dengan umur panjang.