Sehat, Tapi Terlalu Banyak Konsumsi Saus Juga Bahaya Bagi Kesehatan  

"Tanpa disadari, saus tomat dan sambal kemasan adalah sumber natrium yang tinggi. "
Ilustrasi saus tomat (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Santapan kuliner Indonesia memang identik dengan pedas, tidak lengkap rasanya kalau makan tidak pakai sambal, maka banyak konsumsi sausmenjadi pelengkap sajian aneka makanan.

Kalau sedang menyantap gorengan, rasanya kurang lengkap kalau tidak ditemani saus tomat atau sambal. Kedua jenis saus ini memang bisa menambah cita rasa yang khas pada berbagai jenis makanan.

Saus memang dibuat dari bahan alami yaitu buah tomat dan cabai. Namun, bukan berarti keduanya sehat dan bisa dikonsumsi sebanyak mungkin. Tanpa disadari, ada bahaya yang terselubung kalau Anda sering makan saus botolan.

Lebih jelasnya, simak berbagai manfaat dan bahaya saus tomat dan sambal di bawah ini seperti di lansir dari Hello sehat.

Manfaat saus tomat dan sambal

Sebenarnya makan tomat dan cabai segar memang lebih baik buat kesehatan. Namun, Anda tetap bisa mendapatkan beragam manfaat tomat dan cabai dari saus kemasan. Ini dia manfaatnya.

Kaya vitamin A dan C

Tomat dan cabai tinggi akan kandungan vitamin A dan C. Dua jenis vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh sehingga Anda perlu asupan keduanya dari makanan. Di dalam tubuh Anda, vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, kulit, tulang, dan gigi. Sedangkan vitamin C sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

Mengandung antioksidan

Buah yang berwarna merah menyala seperti tomat dan cabai merah mengandung karotenoid khusus bernama likopen. Likopen sendiri berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel, sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Kandungan ini juga diketahui mampu mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh Anda.

Rendah lemak dan kalori
Jika dibandingkan dengan saus lainnya seperti mayones atau Thousand island, saus sambal dan tomat memang lebih rendah ... Baca halaman selanjutnya