Ingin Memberikan Camilan pada Anak, Perhatikan Hal Ini

"Pertama yang harus diperhatikan adalah sumber camilan"
ilustrasi (shutterstocks)

KLIKPOSITIF -- Ketika si kecil tidak mau makan, biasanya ibu akan memberikan camilan supaya tidak lapar. Di sisi lain, camilan juga diperlukan untuk memenuhi nutrisi anak. Tapi bunda, perlu berhati-hati dalam memberikan camilan pada si buah hati terutama jika usianya masih sekitar lima tahun atau dibawahnya.

Pertama yang harus diperhatikan adalah sumber camilan. Berikan anak camilan yang segar dan enak seperti buah kesukaannya. Tak hanya kaya nutrisi, camilan sehat ini juga bisa melindungi si kecil dari bahaya snack kemasan. Nah, jika akhirnya si kecil memilih snack kemasan sebaiknya jangan turuti.

Pasalnya, kandungan MSG, pengawet, dan zat lainnya tidak baik untuk kesehatan. Solusinya, kamu bisa bikin snack sendiri seperti cookies, keripik dari buah, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan si kecil beragam makanan bernutrisi. Biarkan dia memilih, sebagai upaya latihan untuk meningkatkan kemampuan mengendalikan diri anak.

Terakhir yaitu jangan pernah paksa anak jika memang tidak mau. Sebagai saran kamu bisa kombinasikan makanan baru ini dengan makanan lama (yang disukai anak). Dengan begitu, ada kemungkinan anak mau menerima camilan yang diberikan. Ini juga bisa dijadikan trik selanjutnya jika bunda memberikan camilan baru lagi jika si kecil menolaknya.

Nah, bagaimana mudah dan sangat sederhana kan? Meski demikian jangan biarkan anak hanya makan camilan ya! (*)

sumber: HiMedik