Bolehkah Anak Meminum Kopi? Ini Penjelasannya

"anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi apa pun yang mengandung kafein"
ilustrasi anak minum kopi (internet)

KLIKPOSITIF -- Saat ini kopi menjadi salah satu minuman favorit semua kalangan. Sajian kopi yang bervariasi dapat dengan mudah ditemui di warung hingga kafe. Tak pelak, kopi mengundang perhatian orang dewasa maupun anak-anak. Namun, dilihat dari segi kesehatan, apakah anak-anak boleh minum kopi?

Dilansir Live Science, Roberta Anding, seorang ahli diet dan direktur nutrisi olahraga di Texas Children's Hospital mengatakan, bahwa anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi apa pun yang mengandung kafein. Sebab, kafein dapat menyebabkan waktu tidur anak-anak terganggu.

Sedangkan Dr. Nicole Caldwell, asisten profesor pediatrik dari Nationwide Children’s Hospital berpendapat, anak-anak lebih sensitif terhadap efek dari kafein daripada orang dewasa. Oleh karena itu, kafein bisa membuat mereka menjadi hiperaktif, mudah gelisah, sakit perut dan tidak bisa tidur.

Kafein pada kopi bersifat stimulan. Jadi, kafein bekerja seperti zat kimia yang disebut adenosin. Setelah diminum, kafein diserap oleh jaringan tubuh dan darah dalam waktu 45 menit dan bertahan selama empat hingga enam jam. Ketika tidur, adenosin memperlambat aktivitas saraf dan membuat otak berkembang sehingga oksigen bisa masuk.

Kafein melakukan hal serupa dengan menstimulasi otak tanpa perlu tidur dan mengubah aktivitas saraf, sehingga dapat membuat seseorang tetap terjaga dan berenergi. Kafein bukan hanya terdapat pada kopi, melainkan juga pada teh, coklat dan minuman berenergi.

Sementara itu, Asosiasi ahli pediatrik di AS, American Academy of Pediatrics, menyarankan agar anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi apapun yang mengandung kafein hingga berusia 12 tahun. Dan itu termasuk minuman ringan yang bersoda dan perasa.

Setelah mereka mencapai usia 12 tahun, kandungan kafein yang boleh dikonsumsi adalah 85 hingga 100 miligram sehari. Sementara orang dewasa dapat mengonsumsi 400 hingga 500 miligram kafein per hari. (*)