Suka Mengangkat Kaki ke Tembok? Ini Manfaatnya

"Gerakan ini bisa membantu memijat usus sehingga pencernaan bisa lebih lancar"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Tahukah Anda bahwa mengangkat kaki ke tembok ternyata menyimpan banyak manfaat tak terduga bagi kesehatan. Selama ini, kebanyakan orang mengangkat kaki ke tembok bertujuan untuk mengatasi rasa pegal pada kaki dan betisnya, atau merilekskan otot-otot betisnya.

Menurut penelitian, mengangkat kaki ke tembok memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh selain merilekskan otot betis. Apa saja? Berikut alasannya.

1. Melancarkan pencernaan
Gerakan ini bisa membantu memijat usus sehingga pencernaan bisa lebih lancar dan mencegah susah buang air besar. Selain itu, bisa menjaga nafsu makan.

2. Meningkatkan sirkulasi aliran darah
Gerakan ini juga membantu sirkulasi aliran darah supaya lebih lancar. Sebab pose terbalik bisa membawa oksigen ke bagian ata tubuh. Tidak hanya itu, gerakan ini juga bisa membantu menyeimbangkan tekanan darah.

3. Mengurangi sakit kepala saat datang bulan
Ketika memasuki masa menstruasi, rasa kram pada perut dan sakit kepala sering terjadi. Gerakan ini bisa membantu memperkuat organ reproduksi dan mengurangi rasa sakit tersebut. Termasuk sakit kepala yang diakibatkan aliran darah melambat.

4. Mengurangi stres
Santai sambil telentang dengan kaki terangkat juga bisa membantu menenangkan pikiran. Kombinasi dengan latihan pernapasan supaya bisa lebih rileks.

5. Merenggangkan pinggul, kaki, dan punggung
Gerakan ini juga bagus untuk otot betis dan kaki, paha belakang, dan punggung. Bila melakukan ini dengan rutin dapat membuat tubuh lebih fleksibel dan elastis, serta bisa menghilangkan ketegangan dan rasa sakit di area tersebut.

Sumber: Suara