Anda Suka Berdiri? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

" ketika Anda berdiri, tubuh Anda mulai membakar lemak,"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kita semua tahu bahwa bergerak juga termasik latihan fisik yang menyehatkan. Tapi, bagaimana dengan berdiri? Ternyata, berdiri juga merupakan latihan fisik lho.

Dilansir dari laman Times of India, berdiri bahkan memiliki manfaat yang tak terhitung. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut daftarnya.

1. Membakar lemak
Studi menunjukkan bahwa ketika Anda berdiri, tubuh Anda mulai membakar lemak, yang disimpan saat Anda duduk. "Enzim dalam pembuluh darah otot yang bertanggung jawab atas pembakaran lemak akan bekerja dalam beberapa jam setelah Anda berdiri," kata Profesor Marc Hamilton, dari University of Missouri.

2. Mencegah penyakit
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Heart Journal menunjukkan bahwa berdiri memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kolesterol baik seseorang, mengontrol gula darah dan tingkat lemak. Penelitian yang melibatkan 800 peserta, menunjukkan bahwa dengan berdiri selama dua jam lebih setiap hari, kadar gula darah menjadi turun hingga 2 persen, juga tingkat lemak hingga 11 persen.

3. Membakar kalori
Jika Anda bertanya-tanya mengapa hanya dengan berdiri seseorang dapat membakar kalori, itu karena ketika Anda berdiri, Anda melatih otot-otot di kaki, perut, dan pantat. Ini menghabiskan lebih banyak energi daripada duduk.

4. Berdiri vs berjalan
Meskipun berdiri jelas merupakan kebiasaan yang lebih baik daripada duduk, tapi berjalan tetap lebih baik daripada berdiri. Untuk rata-rata orang dewasa, berdiri akan membakar sekitar 190 kalori dalam satu jam sementara duduk hanya akan membakar 130 kalori dan akan berkontribusi pada penyimpanan lemak. Di sisi lain, berjalan bisa membakar hingga 320 kalori dalam waktu yang bersamaan.

5. Berapa kali Anda harus bangun dari tempat duduk Anda?
Jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk, Anda dianjurkan untuk bangun setiap 30 menit dan berdiri selama 10 menit. Jadi, ... Baca halaman selanjutnya