Ini Manfaat Ajak Anak Nonton ke Bioskop

" Bioskop itu memiliki konsep sosial"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Hobi menonton film ternyata tak sebaiknya Anda lakukan sendiri. Ada kalanya Anda harus mengajak si kecil untuk menikmati film seusia mereka di bioskop. Pasalnya, menurut psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana, menonton film di bioskop mendatangkan berbagai manfat bagi anak-anak.

"Bioskop itu memiliki konsep sosial. Jadi ketika anak nonton film di bioskop dia akan belajar nilai-nilai sosial seperti bagaimana harus antre membeli tiket, bagaimana harus duduk tenang, sampah makanan harus dibuang dan nggak boleh berisik ketika nonton," ujar Vera dalam peluncuran Cinemaxx Junior di Pluit Village, Jakarta Utara Rabu (15/8).

Vera mengatakan, usai menonton film pastikan orangtua mengajak sang anak berdiskusi tentang nilai-nilai yang diperolehnya ketika menonton film tersebut. Hal ini bisa menjadi evaluasi bagi orangtua pemahaman apa yang dimiliki anak mengenai film yang dilihatnya.

"Oleh karena itu pastikan anak menonton film sesuai usianya. Zaman sekarang sudah lebih enak karena orangtua bisa ngecek rate film lewat internet, apakah film ini layak ditonton anak-anak itu bisa keluar semua jadi harus disesuaikan," tambah dia.

Vera menyebut sebenarnya tak ada batasan usia untuk mengajak anak ke bioskop. Tapi agar anak tidak rewel ketika diajak ke bioskop, Vera menyarankan agar orangtua memperkenalkan suasana bioskop dengan menonton film di rumah.

Anda, bisa mengajak anak menonton film di rumah dengan mematikan lampu. Dengan cara ini anak akan terbiasa dengan suasana gelap saat menonton film di bioskop.

"Batasan usia nggak ada standar pleknya tapi dikira-kira saja umur dua tahun sudah ngerti alur filmnya nggak sih. Dia menikmati atau enggak," tambahnya.

Sumber: Suara