Diserang Rasa Kantuk Saat Bekerja, Ini Cara Mengatasinya

"kantuk bisa diakibatkan oleh berkurangnya asupan energi dalam sistem tubuh"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Mengantuk saat sedang bekerja adalah masalah yang sering dialami banyak orang. Dilansir dari healthcaremagic.com, kantuk bisa diakibatkan oleh berkurangnya asupan energi dalam sistem tubuh dan tubuh memprioritaskan cadangan energi kepada organ yang vital seperti, jantung, hati, otak, dan ginjal.

Didera rasa kantuk bisa sangat mengganggu etos kerja. Namun hal ini bisa diatasi dengan sejumlah kiat.  Ketika kantuk mulai mendera lakukan pernafasan dalam. Caranya dengan menarik nafas panjang dan menghembuskan pelan-pelan. Lakukan hal ini secara perlahan terus menerus selama 5 menit. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh, sehingga menjadi lebih segar.

Bercanda dan tertawa dengan teman-teman atau menonton sesuatu yang menghibur sebagai selingan bisa membangkitkan semangat. Tertawa dapat mengembalikan lagi gairah kerja. Ruang kerja yang bersih dan wangi juga bisa mendorong semangat.  Menempatkan pengharum ruangan di kantor karena aroma yang menyegarkan dapat membuat rasa kantuk berkurang. 

Ketika mulai mengantuk, istirahatlah dengan bermain game atau permainan yang ringan, seperti memainkan permainan yang ada di gadget. Hal ini untuk melatih kembali fokus. Membasuh air ke wajah, dan bagian tubuh lainnya, juga bisa membuat tubuh merasa lebih segar.