Ini Sejumlah Kiat Menjaga Kesehatan Mata

"resiko kebutaan sangat mungkin terjadi jika menggunakan gawai dalam durasi yang tinggi."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Sejumlah pekerjaan menuntut kita menggunakan perangkat komputer atau gawai dalam waktu lama. Ini sangat berdampak pada kesehatan mata. Sebuah penelitian mengungkap resiko kebutaan sangat mungkin terjadi jika menggunakan gawai dalam durasi yang tinggi.

Untuk menjaga kesehatan mata, sejumlah dokter dari New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, di New York City telah menyarankan sejumlah kebiasaan ini agar kondisi mata selalu terjaga.

Sinar ultraviolet (UV) tak hanya dapat membakar kulit namun juga dapat merusak mata. Paparan sinar uv mampu mengakibatkan katarak, penebalan jaringan mata, hingga kanker kulit di sekitar mata. Untuk terhindar dari kondisi tersebut biasakan untuk melindungi mata terhadap matahari dengan mengenakan kacamata khusus. Lensa UVA dan UVB akan mengurangi risiko tersebut.

Bagi pengguna lensa kontak, biasakanlah menggunakan lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan. Terlebih biasakan memakai dan meletakkan lensa kontak dengan cara yang bersih. Pemakaian lensa yang tidak benar menyebabkan keratitis atau peradangan mata pada kornea.

Saat menatap benda dengan cahaya yang terang, sangat diperlukan menjaga penglihatan dengan jarak yang jauh untuk keamanan mata. Laser dan matahari akan merusak penglihatan mata dengan mudah.

Menggosok mata dengan sangat kuat dapat menyebabkan kulit halus di sekitar mata meregang, hal ini juga mampu menyebabkan abrasi kornea dan menyebabkan distorsi visual Distorsi visual di mana penglihatan selalu seperti melihat lingkaran cahaya yang tajam, yang membuat penglihatan menjadi tidak normal.