Beban Kerja Terlalu Berat Picu Kanker

"beban kerja tinggi, ketidaknyamanan bekerja menjadi faktor pemicu stres"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Stres karena pekerjaan tidak hanya berdampak pada tekanan darah. Tertekan dalam jangka waktu lama ternyata bisa memicu kanker. Penelitian terbaru menyatakan bahwa melakukan pekerjaan yang membuat stres selama 15 tahun beresiko menimbulkan lima jenis kanker.

Semakin lama tertekan dalam pekerjaan resiko kanker paru-paru, usus besar, rektum, kanker perut dan Limfoma non-Hodgkin, kanker yang berkembang di pembuluh dan kelenjar akan meningkat.

Dilansir dari miror.uk resiko ini muncul karena ketidakamanan bekerja, beban kerja yang tinggi, dan tekanan yang diperoleh. Beberapa studi telah menunjukkan hubungan antara berbagai faktor psikologis dan peningkatan risiko kanker.

Jadi untuk menentukan hubungannya, ahli di Universitas Quebec mengukur prevalensi kanker pada orang yang stres akibat pekerjaan. Beban kerja yang tinggi dan tekanan bukan satu-satunya faktor stres yang disebutkan oleh peserta.

Ketidakamanan kerja, masalah keuangan dan berurusan dengan pelanggan juga menjadi faktor stres yang disebutkan oleh sekitar 3.000 orang dewasa yang didiagnosis menderita kanker. Faktor lainnya termasuk pekerjaan yang menantang dan berbahaya, pengawasan karyawan, dan konflik interpersonal.

Subyek penelitian menjelaskan secara rinci setiap pekerjaan mereka termasuk terjadinya stres dan penyebabnya. Para peneliti percaya orang-orang yang stres dengan pekerjaan mereka mungkin sering merokok, makan berlebihan atau mengonsumsi alkohol. Kebiasaan ini dikenal sebagai faktor penyebab kanker.